• DINKES Madiun Wajibkan Penderita TB Periksa HIV

    0

    Madiun, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mengharuskan para penderita tuberkulosis (TB) di wilayahnya untuk melakukan pemeriksaan (screening test) HIV guna mendeteksi keberadaan virus mematikan tersebut.
    Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Upaya Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun Agung Tri Widodo di Madiun, Kamis, mengatakan bahwa kewajiban melakukan tes pemeriksaan HIV bagi penderita TB tersebut menyusul adanya temuan baru kasus HIV/AIDS pada penderita TB.
    “Kami mencatat sudah ada tiga temuan penderita TB yang ternyata juga terjangkit HIV,” ujar Agung Tri Widodo.
    Menurut dia, pasien TB yang wajib melakukan tes pemeriksaan HIV tersebut, yakni TB paru maupun TB ekstra paru. Dengan melakukan tes tersebut, gaya hidup si penderita dapat membaik dengan serangkaian pengobatan yang dijalani.
    Tidak hanya penderita TB yang diwajibkan untuk melakukan tes pemeriksaan HIV, tetapi juga para ibu hamil. Hal itu karena sekitar 21 persen penderita HIV/AIDS di kabupaten Madiun merupakan ibu rumah tangga.
    Terkait dengan tes pemeriksaan HIV tersebut, warga Kabupaten Madiun dapat mendatangi dua puskesmas yang telah melayani layanan kesehatan tersebut.
    “Tes pemeriksaan HIV bisa dilakukan di Puskesmas Bangunsari di Kecamatan Dolopo dan Puskesmas Mejayan,” kata dia.
    Sementara, Dinkes setempat mencatat, temuan kasus baru penderita HIV/AIDS di Kabupaen Madiun terus meningkat setiap tahunnya.
    “Sejak Januari hingga bulan Juni 2016, Dinkes Kabupaten Madiun telah menemukan sebanyak 30 kasus baru HIV/AIDS di wilayah setempat,” katanya.
    Ia menyebutkan jumlah pederita HIV/AIDS di Kabupaten Madiun sejak ditemukan pertama kali pada tahun 2002 hingga 2016 tercatat 441 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 150 penderita di antaranya telah meninggal dunia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com