• DINKES Bukittinggi Pastikan Tidak Ada Vaksin Palsu

    0

    Bukittinggi, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat memastikan tidak ada vaksin palsu yang beredar hingga ke daerah itu.
    “Kami terus meningkatkan pengawasan dalam penyaluran vaksin. Hingga saat ini belum ditemukan adanya vaksin palsu yang beredar di Bukittinggi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi Syofia di Bukittinggi, Selasa.
    Ia mengatakan, pihaknya melakukan pantauan ke sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan seperti ke rumah sakit, klinik dan praktik swasta dan tidak ditemukan vaksin palsu tersebut.
    “Pemerintah berkomitmen memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat, sehingga terus memantau setiap keadaan di lapangan,” ujarnya.
    Ia menyebutkan, di wilayah Sumbar, belum ditemukan adanya peredaran vaksin palsu karena untuk pengadaan vaksin, dilakukan dengan pengawasan ketat.
    “Pengadaan vaksin tersebut dikawal oleh PT Bio Farma Bandung melalui Dinas Kesehatan di provinsi hingga sampai ke rumah sakit-rumah sakit dan para bidan di setiap daerah,” jelasnya.
    Beredarnya informasi tentang vaksin palsu tersebut, ia tidak memungkiri dapat menimbulkan keresahan bagi para orangtua sehingga ragu untuk memberi vaksin pada anak.
    “Namun hal tersebut sudah diantisipasi. Bersama Dinas Kesehatan Sumbar, kami rutin melakukan sosialisasi terkait pemberian vaksin bagi anak tersebut. Masyarakat tidak perlu khawatir karena kami akan terus pantau perkembangannya,” tambahnya.
    Salah satu warga setempat yang juga memiliki seorang balita, Rahma mengatakan, informasi yang beredar selama beberapa hari terakhir mengenai vaksin palsu cukup membuat khawatir para orang tua.
    “Kami berharap, pemerintah atau pihak keamanan dapat mengatasinya karena vaksin palsu itu tentu dikhawatirkan membawa dampak buruk bagi kesehatan anak,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com