• Denda Bagi Warga Tidak Laporkan Data Kependudukan

    0

         Gorontalo, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, memberlakukan sanksi denda bagi warga yang tidak melaporkan data kependudukan terkini.
    Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gorontalo Utara, Kardiyat Tomajahu di Gorontalo, Selasa, mengatakan, pemberlakuan denda diatur dalam rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan yang telah diajukan dan sedang dibahas DPRD.
    Ia mengatakan, sanksi tentang biaya pengganti atau denda bagi penduduk yang lalai melaporkan data terbaru miliknya akan diterapkan dalam rangka mendukung program validasi data kependudukan di daerah ini serta mendorong kesadaran masyarakat untuk melaporkan kondisi riil setiap keluarganya.
    Seperti, pernikahan yang sudah tercatat namun baru dilaporkan setelah enam bulan dari peristiwa tersebut. “Sehingga yang bersangkutan dianggap lalai dan wajib membayar denda,” ujarnya.

         Namun pemberlakuan denda tidak serta merta diterapkan sebab pihaknya bekerjasama dengan instansi teknis terkait dan pemerintah desa akan menyosialisasikannya terlebih dulu kepada masyarakat.
    “Sebab, tujuan pemberian sanksi tersebut adalah agar timbul kesadaran masyarakat untuk turut bersama menyempurnakan data kependudukan di daerah ini, yang valid dan bermanfaat bagi pembangunan daerah,” katanya.
    Ia memastikan, pengurusan administrasi kependudukan seperti akta kelahiran, kematian dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digratiskan pada masyarakat atau tidak dipungut biaya sepeserpun.
    Denda tersebut tidak akan membebankan masyarakat, kata Kardiyat, sebab hanya berlaku bagi yang lalai dan dipastikan akan diperingatkan terlebih dahulu.
    Disdukcapil bekerjasama dengan dinas terkait akan bertindak sebagai “stelsel aktif” atau mengingatkan masyarakat agar proaktif memperbaiki data kependudukan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com