• Delman Alih Fungsi Jadi Transportasi Hiburan

    0

        Bandung, jurnalsumatra.com – Akibat terdesak angkutan bermotor, delman di sejumlah daerah di Bandung beralih fungsi menjadi alat transportasi hiburan khususnya bagi anak-anak.
    “Delman kian terdesak kendaraan bermotor bahkan sudah dilupakan sebagai transportasi umum, penumpangnya turun, makanya kami alih fungsikan sebagai transportasi penghibur berkeliling desa,” kata salah  seorang Kusir Delman di Kampung Tagog Desa Cimekar Kabupaten Bandung, Mamat, Jumat.
    Menurut dia saat masih menjadi transportasi umum delman sering dipakai ibu rumah tangga untuk pergi ke Pasar Cileunyi atau ketempat – tempat lainnya di kawasan itu.
    “Saat ini kami kalah saing dengan ojek dan angkot, terkadang sekarang setiap orang punya motor sendiri – sendiri,” kata Mamat.

         Namun ia mengaku  beruntung masih ada celah untuk usaha dengan menjadi transportasi hiburan berkeliling dari kampung  ke kampung. Apalagi pada bulan ramadhan ini, anak – anak banyak yang ingin naik delman sambil menungu waktu buka puasa atau “ngabuburit”.
    Untuk satu kali berkeliling, Mamat memasang tarif Rp3 ribu  dan memulai pekerjaannya pukul 15.00 WIB hingga menjelang maghrib.
    “Kalo siang panas, jadi saya mulai sore saat teduh, anak-anak juga banyak keluar rumah sore hari,” katanya.
    Kendati sudah terlupakan sebagai transportasi umum, Mamat masih tetap bersyukur, delman masih dapat digunakan dalam bentuk transportasi lain.
    “Kami akan tetap mempertahankan transportasi umum ini, supaya tidak tertelan zaman, anak – anak sekarang pun masih tetap bisa mengenal delman,” kata Mamat menambahkan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com