• Cegah kebocoran, Transaksi Sewa Pasar Secara Online

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Program pembayaran retribusi secara online atau e-retribusi pasar yang diterapkan sejak beberapa waktu lalu oleh PD Pasar Jaya Palembang, terus dilanjutkan. Bahkan, jika sebelumnya hanya diberlakukan untuk pembayaran retribusi harian, saat ini program tersebut juga mulai diterapkan untuk sewa bulanan.

    Kepala bidang Pemasaran dan Pembinaan Pedagang PD Pasar Palembang Jaya Rinto Siswadi menyatakan jika pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait hal ini ke pedagang. Sejauh ini, kepercayaan pedagang terhadap sistem pembayaran online ini masih menjadi kendala dalam penerapan e-retribusi.

    “Untuk kendala mungkin pendekatan ke pedagang, untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Padahal kita selalu sosialisasi jika e-retribusi ini merupakan solusi terbaik untuk penarikan retribusi. Justru system online ini jauh lebih aman, untuk menutup potensi kebocoran retribusi,”jelasnya ungkapnya, kemarin (7/6).

    Menurut Rinto, sejauh ini setoran dari kepala pasar secara langsung ke BRI sudah lancar. Tidak ada lagi kepala pasar yang harus datang ke kantor PD Pasar Palembang Jaya untuk menyerahkan hasil retribusi harian. Hal ini jelas mempermudah kerja kepala pasar yang bertugas menagih pada pedagang dan potensi kebocoran yang dikhawatirkan selama ini.

    Ketua Badan Pengawas PD Pasar Palembang Jaya Toni Panggarbesi, system pembayaran retribusi secara online ini sudah sejak lama digunakan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Tak ada satupun pedagang yang membayar secara manual, karena semuanya telah dilakukan sistem banking.

    Dengan sistem retribusi ini, diharapkan pelayanan yang diberikan PD Pasar Palembang Jaya pada seluruh pedagang tradisional di Palembang juga semakin meningkat. Ini merupakan bentuk manajemen keuangan yang harus diterapkan secara terus menerus. PD Pasar hanya memanage.

    Sedangkan tanggung jawab penuh ada pada kepala pasar. Diberi kepercayaan begitu, jika diabaikan maka harus diberi sanksi, Saat ini, sistem e-retribusi diterapkan pada seluruh pasar tradisional di Palembang yang bekerjasama dengan BRI.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com