• Bus Di Terminal Giwangan Jalani Pemeriksaan Kelaikan

    0

    Yogyakarta, jurnalsumatra.com – Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta bersama Dishubkominfo DIY menggelar pemeriksaan kondisi bus di Terminal Giwangan guna memastikan moda transportasi tersebut laik jalan jelang Angkutan Lebaran 2016.
    “Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perintah dari pusat. Selain memeriksa kondisi bus secara teknis, kami juga memeriksa kelengkapan administrasinya,” kata Kepala Seksi Pengendalian Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Asung Waluyo di Yogyakarta, Kamis.
    Sejumlah pemeriksaan teknis yang dilakukan di antaranya mengecek kondisi ban, lampu, “wiper”, dan kondisi spion. Sedangkan pemeriksaan dari sisi administrasi dilakukan untuk mengecek surat KIR, termasuk kepemilikan surat izin mengemudi dari sopir.
    Pemeriksaan kelaikan kondisi bus di Terminal Giwangan lebih difokuskan pada bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang melayani trayek jarak jauh, di antaranya Yogyakarta-Surabaya dan Yogyakarta-Cilacap.
    Beberapa bus yang dinyatakan laik jalan akan memperoleh stiker yang kemudian dipasang di kaca depan bus. Sedangkan bus yang diketahui tidak laik jalan diminta segera mengganti kerusakan.
    “Ada bus yang dinyatakan tidak laik jalan karena kondisi salah satu ban gundul. Kami minta untuk menggantinya dengan yang baru,” katanya yang meminta setiap bus membawa ban cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat kondisi darurat.
    Ia berharap, melalui kegiatan tersebut seluruh bus dalam kondisi baik dan laik jalan sehingga mengurangi potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. “Pemerintah pusat bahkan berharap penyelenggaraan angkutan lebaran tahun ini ‘zero accident’,” katanya.
    Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Operasional dan Bimbingan Keselamatan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Sugeng Sunyoto mengatakan, akan menindaklajuti kegiatan tersebut dengan menggelar pengecekan rem bus.
    “Kegiatan kali ini belum menyentuh pada pengecekan kondisi rem. Nanti, kami akan upayakan menggelar kegiatan tersebut,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com