• Bupati Minta Perusahaan Besar Bantu Pembangunan Seruyan

    0

    Kuala Pembuang, Kalteng ,jurnalsumatra.com – Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono meminta perusahaan besar swasta untuk membantu pembangunan di wilayah tersebut.
    “Kita minta kepada perusahaan besar swasta (PBS) dari berbagai sektor untuk aktif membantu pembangunan,” kata Sudarsono di Kuala Pembuang, Kamis.
    Bupati yang terpilih lewat jalur perseorangan ini menilai, selama ini PBS khususnya PBS sektor perkebunan kelapa sawit kurang memiliki perhatian untuk membantu pembangunan infrastruktur di kawasan operasional. Perusahaan juga kurang punya inisatif untuk terlibat dalam pembangunan, kecuali diminta.
    “Mungkin karena pimpinan daerah tidak pernah minta makanya kurang perhatian, karena itu sekarang saya minta bantu pembangunan daerah ini, supaya manfaat kehadiran investor dirasakan oleh masyarakat,” katanya.
    Kemudian, PBS harusnya punya rasa malu karena kurang berperan dalam pembangunan daerah, sementara di satu sisi mereka justru ikut menikmati hasil pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.
    “Seperti jalan, sekarang perusahaan juga menggunakan jalan yang dibangun pemerintah, harusnya perusahaan punya malu kalau hanya ikut menikmati tanpa peduli dengan kondisi jalan di wilayah operasionalnya, paling tidak kalah jalan rusak PBS bisa bantu memperbaiki,” katanya.
    Menurutnya, Seruyan sebagai satu-satu kabupaten tertinggal di Kalteng akan sulit keluar dari ketertinggalannya tanpa ada peran serta pihak swasta dalam mempercepat pembangunan.
    “Karena kalau hanya mengandalkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) saja maka pembangunan di berbagai bidang akan terasa sangat berat,” katanya.
    Ia menyebutkan, saat ini Seruyan punya program besar untuk membuka keterisolasian daerah dengan membangun jalan dari ibukota kabupaten, yakni Kuala Pembuang hingga ke daerah kecamatan paling hulu yang berbatasan dengan Kalimantan Barat, dan total panjang jalan yang masih harus dibangun kurang lebih 350 kilometer.
    “Ini pekerjaan besar dan berat karena kita banyak menghabiskan dana APBD untuk membangun jalan, karena itu kita berharap PBS ini bisa membantu pembangunan, bukan hanya infrastruktur tapi juga bidang lain sehingga beban APBD bisa berkurang,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com