• Buah Impor Mengandung Formalin

    0

    keran-impor-buah-dibuka-besar-besaran-ini-pembelaan-kemendagPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Jelang hari raya idul fitri yang tinggal hitungan hari, Walikota Palembang bersama dengan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K) Pemkot pemerintah kota (pemkot) Palembang melakukan inpeksi mendadak (sidak) ke pasar tadisonal Plaju, dalam sidak itu ditemukan buah impor mengandung formalin.

    Hasil yang ditemukan cukup mengejutkan. Beberapa buah yang disinyalir mengandung bahan pengawet diambil sampelnya oleh petugas setelah melakukan pemeriksaan kecil. Buah jenis apel dan anggur diketahui mengandung formalin, pewarna buatan dan berlilin.

    “Dari warna dan tampilannya saja sudah beda. Itu kita dapati di beberapa pedagang buah dan sayur,”kata kepala DP2K, Harrey Hadi di sela kegiatan pengawasan keamanan bahan asal hewan, pangan segar dan olahan di pasar modern Plaju, Rabu (29/6).

    Ia menjelaskan, untuk buah yang mengandung bahan pengawet dapat dikenali dengan mudah. Seperti tidak dikerubuti lalat, tangkai yang layu, dan aroma menyengat yang bukan aroma dari buah asli.

    “Ini dilakukan pedagang nakal tujuannya agar terlindung dan tahan lama. Maka itu kita sarankan kalau mau aman makan buah, kulitnya dikupas. Sayuran juga yang mengandung pestisida yang berlebihan harus dicuci bersih,”jelasnya.

    Tak hanya buah, pihaknya juga menemukan tahu yang mengandung formalin. Namun untuk daging masih aman. Pihkanya memberikan pengarahan kepada pedagang, tentang produk mereka yang berbahaya. Dengan begini mereka akan paham dan tahu konsekuensinya.

    Sementara itu, walikota Palembang Harnojoyo mengimbau, agar masyarakat lebih selektif dalam berbelanja kebutuhan pokok terutama jelang lebaran.”Jangan belanja berlebihan, beli lah sesuai dengan kebutuhan. Kita pastikan bahan kebutuhan pokok aman untuk beberapa bulan ke depan,”tukasnya. (eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com