• BPOM SIdak Pasar

    0
    BPOM SIdak Pasar

    BPOM SIdak Pasar

    PALEMBANG -  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kota Palembang melakukan sidak di pasar bedug cinde sekaligus ditempat yang berbeda, rabu (8/6/2016).

    Kasi Layanan Informasi Konsumen BPOM Kota Palembang Gustini, S. Km mengatakan, ini merupakan kegiatan kita yang pernah pada bulan suci ramadhan pada tahun ini, dan kegiatan ini dilakukan setiap tahun nya menjelang bulan suci ramadhan.

    Kegiatan ini kami lakukan untuk mencegah banyak nya makanan yang mengandung bahan – bahan pengawet dan sejenis” katanya”

    Gustini juga mengatakan untuk hari ini kami akan menguji sampel makanan secara Rapid bascip atau tes secara cepat, untuk mengetahui kandungan berbahaya dalam makanan yang dijual di pasar cinde ini. Ada empat jenis bahan berbahaya yang ada di makanan yaitu Formalin, Borak, Methanyl Yellow dan Rodamin B.

    untuk hari ini kami akan menguji sampel makanan seperti pempek tahu, rujak mie, dan tahu isi, karena makanan tersebut merupakan makanan khas Palembang. Untuk itu kami akan menguji makanan tersebut, dimana kami sudah membeli dari pedagang yang berjualan di pasar cinde ini untuk di jadikan sampel apakah makanan tersebut mengadung zat berbahaya atau tidak. Di pasar cinde ini hanya  pedagang yang menjual makanan yang akan kami jadikan sampel” ujarnya.

    Hasil dari uji rapid bascip dari makanan tersebut, yang sudah kita uji di labotarium mobil BPOM Kota Palembang semuanya positif mengandung formalin, dimana kita ketahui formalin merupakan untuk pengawet mayat ” tegasnya

    lalu makanan yang mengandung zat berbahaya itu akan dimusnahkan langsung. Pemusnahan akan dilakukan oleh pemilik atau pun penjual sedangkan BPOM hanya sebagai saksi.

    ketika Gustini dan tim penguji makanan selesai menguji sampel dan hendak memberitahu penjual makanan tersebut, karena makanan yang mereka jual mengandung formalin, ternyata makanan yang sedang di uji tersebut sudah hampir habis di beli masyarakat.

    Melihat hal tersebut, Gustini pun merasa kecewa dan kesal, Kami tidak akan tinggal diam, kami akan menelusuri dimana produsen sebenarnya dan baru akan ditindak. jelasnya (mdn)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com