• BPBD Lanjutkan Pembersihan Material Longsor Di Palupuh

    0

    Bukittinggi,jurnalsumatra.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (5/6) pagi melanjutkan pembersihan material longsor yang terjadi di Jorong Mudiak, Kecamatan Palupuah pada Sabtu (4/6) sore.
    “Semalam sempat dihentikan karena cuaca hujan, penerangan tidak memadai dan masih ada runtuhan tanah. Pagi ini kami akan lanjutkan pembersihan dan evakuasi,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Yunaidi saat dikonfirmasi dari Bukittinggi, Minggu.
    Ia menambahkan, longsoran tersebut menutup jalan hingga panjang 200 meter dan ketinggian pada bagian tengah jalan yang tertutup longsor tersebut mencapai 20 sampai 25 meter.
    “Tadi malam sudah ada dua alat berat. Saat ini dibutuhkan paling tidak tiga tambahan alat berat dari provinsi untuk membantu proses evakuasi sehingga diharapkan dapat segera selesai pada sore nanti, kami sudah koordinasi dengan pihak terkait di provinsi,” lanjutnya.
    Menurutnya, bila memperhatikan keadaan tanah, longsor susulan masih berpotensi terjadi sehingga mengimbau para petugas dan masyarakat yang membantu di lapangan terus waspada.
    Hingga Minggu pagi, belum ditemukan ada korban jiwa yang tertimbun longsor.
    “Semoga tidak ada korban jiwa, seandainya masih ada kendaraan yang tertimbun longsor, tentu kami berharap itu kendaraan yang tengah parkir dan tidak ada penumpangnya,” sebutnya.
    Sementara, Camat Palupuh, Herizon menjelaskan hingga Minggu pagi lokasi longsor yang merupakan jalur Bukittinggi-Pasaman masih putus total dan tidak bisa dilalui kendaraan.
    “Longsor tersebut juga menimbun aliran sungai di seberang jalannya, diperkirakan jalan yang tertimbun longsor di bagian tengah juga runtuh,” katanya.
    Longsor terjadi secara tiba-tiba pada Sabtu (4/6) sekitar pukul 16.30 di Jorong Mudiak, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh di kilometer 22 dari arah Bukittinggi.
    “Tim bersama masyarakat saat ini sedang melanjutkan evakuasi, kami harap tambahan bantuan alat berat seperti eskavator dapat segera datang,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com