• BP3A Sulbar Beri Bimbingan Usaha Perempuan

    0

         Mamuju, jurnalsumatra.com – Biro Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Barat memberikan bimbingan manajemen pengelolaan usaha kepada perempuan yang mengelola usaha.
    Kabag Pengarusutamaan Gender pada BP3A Provinsi Sulbar, Citra Dewi di Mamuju, Sabtu mengatakan perempuan di Sulbar diberikan bimbingan bimbingan manajemen pengelolaan usaha agar dapat meningkatkan kesejahteraannya dengan berusaha.
    Ia mengatakan, dalam kegiatan tersebut perempuan dibekali pengetahuan agar dapat membuka usaha mulai dengan mimpi, kemudian diajari cintai produk dalam negeri.
    “Selain diberikan dasar bisnis, dibangun semangatnya agar berani ambil resiko bisnis dengan perhitungan matang memotivasi bekerja keras dan meminta agar berteman sebanyak banyaknya dengan pelaku dinia usaha,” katanya.

          Menurut dia, setiap pengusaha mesti siap menerima kegagalan dalam mengembangkan usaha karena itu akan menjadi motivasi menemui keberhasilan berusaha.
    Ia mengatakan, dalam berusaha perempuan masih menghadapi masalah diantaranya belum ada data nasional mengenai masalah yang dihadapi dunia usaha sehingga peran perempuan sulit menentukan usaha yang cocok.
    “Dari berbagai sektor usaha perempuan, masih didominasi pekerja keluarga yang tidak dibayar perempuan memegang peran ganda sebagai pekerja dan mengurusi rumah tangga perempuan susah mengembangkan usaha dari sektor pembiayaan,” katanya.
    Selain itu kesenjangan upah antara perempuan dan laki laki sebesar 22,26 persen untuk sektor non pertanian sekitar 38,93 persen untuk sektor pertanian artinya untuk sektor pertanian perempuan hanya menerima upah 77,74 persen dari sektor non pertanian dan 61,07 persen dari upah laki laki, sehingga perempuan sulit sejahtera.
    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik ditemukan dari sekitar 100 orang perempuan yang bekerja sekitar 34 orang diantaranya ada perempuan dan 66 orang laki laki.
    Dan data dari Bank Dunia sekitar 42 persen persen perempuan memiliki andil kepemilikan perusahaan dan sepertiga unit usaha kecil menengah dikuasai perempuan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com