• BNNK Tes Urine Sopir Terminal Mandalika H-7

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com- Badan Narkotika Nasional Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mulai H-7 akan melakukan uji nakoba melalui tes urine kepada semua sopir Terminal Mandalika untuk memastikan para sopir bebas dari pengaruh narkoba dan alkohol.
    “Para sopir yang kita tes ini adalah sopir yang akan membawa pemudik dengan armada Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP),” kata  Kepala BNNK Mataram Nur Rachmat di Mataram, Jumat.
    Kepala BNNK Mataram yang ditemui seusai menghadiri rapat paripurna di DPRD Kota Mataram mengatakan, kegiatan tes urine itu bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Mataram mulai H-7 hingga H+7 Idul Fitri 1437 Hijriah.
    “Pihak Dishubkominfo dalam hal ini kepala terminal akan menyiapkan kami posko pemeriksaan tes urine sopir di kawasan terminal,” katanya.
    Menurutnya, selain melibatkan dokter dalam kegiatan uji narkoba melalui tes urine juga dilibatkan tim asesmen untuk menentukan boleh tidaknya seorang sopir yang terindentifikasi sudah mengonsumsi obat-obatan keras, membawa pemudik.
    “Selain narkoba, beberapa jenis obat-obatan keras juga bisa terdeteksi dan pempengaruhi kondisi para sopir,” katanya.
    Sementara, katanya, untuk sopir yang terdeteksi positif berada di bawah pengaruh narkoba dan alkohol, tim BNNK akan mengusulkan sopir pengganti kepada perusahan bersangkutan.
    Dalam melaksanakan tes urine, BNNK bekerja sama juga dengan PO otobus untuk mengetahi seberapa banyak sopir yang akan melakukan perjalanan.
    “Sopir positif berada di bawah pengaruh narkoba dan alkohol tidak tidak bisa kita berikan izin mengemudi karena dapat membahayakan penumpang,” katanya.
    Berdasarkan dari pengalaman tahun sebelumnya, kata Nur Rachmat, pihaknya belum menemukan sopir yang terintifikasi berada di bawah pengaruh narkoba maupun alkohol.
    “Meskipun demikian upaya antisipasi harus tetap kita lakukan,” katanya lagi. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com