• BNI Distribusikan Ribuan Paket Sembako di Indonesia

    0

    BNI Jl. Jend. Sudirman, PalembangPalembang, jurnalsumatra.com – Mendukung program Pasar Murah yang diselenggarakan Kementerian BUMN pada tanggal 24 Juni 2016, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mendistribusikan 15.500 paket bahan makanan pokok secara serentak ke 18 lokasi di seluruh Indonesia untuk meringankan beban perekonomian masyarakat dari kalangan ekonomi lemah pada bulan Ramadhan 1437 Hijriyah. Program pendistribusian paket bahan makanan pokok yang disalurkan melalui kegiatan Pasar Murah BUMN Hadir Untuk Negeri tersebut merupakan satu rangkaian dengan Program Pasar Murah yang telah digagas Kementerian BUMN.

    BNI tidak hanya mendukung program Pasar Murah BUMN ini, tetapi juga telah menyelenggarakan pasar murah di 70 desa di Indonesia sejak bulan Mei 2016 dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 Tahun BNI. Hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah yang jatuh pada 6 Juli 2016, total paket bahan makanan pokok dari BNI akan mencapai 51.000 paket yang didistribusikan ke 88 lokasi di seluruh Indonesia. Khusus Pasar Murah dalam rangka HUT 70 BNI, ditetapkan daerah-daerah yang menjadi desa asal para TKI yang selama ini melakukan transaksi remitansi melalui BNI.

    Penyaluran 15.500 Paket Bahan Makanan Pokok Murah tersebut secara simbolis disalurkan pada acara Safari Ramadhan Menteri BUMN 2016 yang diisi oleh Istigosah, Pasar Murah BUMN, dan Pemberian Santunan Bagi Anak Yatim Piatu di Alun-alun Garut, Jawa Barat, Jumat (24 Juni 2016). Pasar Murah itu sendiri diberi nama Pasar Murah BUMN, BUMN Hadir untuk Negeri yang merefleksikan terjadinya sinergi antar BUMN dalam memberikan bantuan kepada masyarakat dari kalangan ekonomi lemah.

    Pada setiap paketnya, BNI bersama BUMN lain menyalurkan tiga jenis bahan makanan yaitu beras sebanyak 10 kilogram, minyak goreng 2 liter, dan gula pasir sebanyak 2 kilogram senilai minimal Rp 150.000. Namun, warga berhak memperoleh paket tersebut hanya dengan membelinya seharga Rp 25.000 per paket. BNI menyalurkannya ke 18 lokasi di kota dan kabupaten yang berbeda, termasuk daerah terpencil dan terjauh.

    Lokasi yang ditetapkan sebagai pusat penyaluran paket bahan makanan pokok BNI adalah dari barat ke timur, Nagan Raya Provinsi Aceh, Kuantan Singingi Provinsi Riau, Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau, Merangin Provinsi Jambi, Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan, dan Kaur Provinsi Bengkulu. Selain itu, terdapat juga di Bengkayang dan Sekadau di Provinsi Kalimantan Barat, Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara, dan Nagekeo Provinsi  Nusa Tenggara Timur. BNI juga menyalurkan paket-paket murah tersebut di Sumba Barat Daya Provinsi Nusa Tenggara Timur, Mamasa Provinsi Sulawesi Barat, Sigi Provinsi Sulawesi Tenggara, Teluk Wondama Provinsi Papua Barat, Temanggung Provinsi  Jawa Tengah, dan Sleman di Yogjakarta. Kepulauan Anambas dan Teluk Wondama termasuk kawasan terpencil.

    “Sebagai bagian dari BUMN, BNI mendukung Program Pasar Murah BUMN ini dalam rangka untuk berbagi dan empati terhadap kesulitan yang dialami rakyat kecil di bulan Ramadhan. Mengingat cabang kami tersebar dari Barat hingga Timur Indonesia, BNI mendapat kepercayaan untuk menyalurkan ke 18 lokasi yang tersebar di Indonesia hingga pulau terpencil. Semoga dengan adanya program pasar murah BUMN Hadir Untuk Negeri ini dapat meringankan beban kebutuhan pokok rakyat kecil menjelang Hari Raya Idul Fitri,” demikian jelas Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

    Sebagai bentuk sinergi antar BUMN, BNI mendapatkan bantuan dari BULOG, dan RNI dalam pengadaan beras serta gula pasir. Adapun untuk mendukung upaya pengembangan bisnis debitur, BNI membeli minyak goreng untuk paket barang murah ini dari para debitur di kota-kota lokasi diselenggarakannya pasar murah ini di seluruh Indonesia.

    Program berbagi pun tidak berhenti hanya pada pasar murah. BNI menyiapkan santunan untuk 3.000 anak yatim di kota-kota lokasi diselenggarakannya pasar murah. Dengan langkah ini, BNI berupaya meringankan beban anak-anak yatim tersebut yang secara ekonomi kurang beruntung. Selain itu, santunan yang sama diharapkan dapat memberikan kebahagiaan dalam menjalankan ibadah puasa bersama anak-anak lain.

    Momentum Bulan Ramadhan juga dimanfaatkan BNI untuk memberikan bantuan berupa sarana fisik yang diharapkan dapat mendukung program peningkatan kualitas pendidikan masyarakat Garut. Bantuan sarana pendidikan dimaksud adalah bantuan pembangunan Pondok Pesantren Salafiyah Insitisyatul ‘Ulum. BNI melengkapinya dengan memberikan bantuan untuk rumah ibadah yang akan digunakan oleh masyarakat. Adapun untuk mendukung program peningkatan keindahan kota, BNI juga memberikan bantuan renovasi taman kota. (rel/edchan)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com