• BMKG: Nunukan Berpotensi Hujan Ringan Saat Lebaran

    0

        Nunukan, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara berpotensi hujan ringan pada Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah.
    Kepala BMKG Kabupaten Nunukan, Taruna Mona Rahman di Nunukan, Rabu mengatakan kondisi cuaca selama bulan suci Ramadhan 1437 Hijriyah  yang terus berawan dan mengalami hujan ringan pada malam hari.
    Kabupaten Nunukan berpotensi mengalami hujan ringan pada saat Sholat Idul Fitri 1436 H (7 Juli 2016) dengan memperhatikan kondisi cuaca yang terus berawan pada malam hari selama bulan suci Ramadhan (1437 H) ini, ujarnya.
    Ia mengutarakan, Kabupaten Nunukan seringkali dilanda hujan tidak merata atau lebih dikenal dengan hujan lokal akhir-akhir ini tanpa diketahui penyebabnya karena wilayah daerah itu terdiri atas pulau-pulau yang berjauhan.

        Taruna Mona Rahman juga mengatakan, potensi terjadinya hujan ringan itu sangat kuat sehubungan dengan pada siang hari terus terjadi gumpalan awan hitam tipis akibat penguapan air laut dengan kelembaban permukaan tanah.
    “Curah hujan di Kabupaten Nunukan ini tergolong unik karena sifatnya lokalan dimana terjadinya tidak merata yang berlangsung pada malam hari,” ujar dia seraya menambahkan, saat ini angin berhembus dari arah selatan berputar ke arah barat daya hingga utara.
    Namun curah hujan sangat tinggi di Kabupaten Nunukan, apabila angin berhembus dari arah timur menuju menuju barat karena potensi hujan kala itu cukup kuat, sebut Kepala BMKG Kabupaten Nunukan ini.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com