• Awak KRI John Lie Promosikan Pariwisata Purbalingga

    0

    Purbalingga, jurnalsumatra.com- Awak kapal perang KRI John Lie-358 ikut memromosikan pariwisata Purbalingga, Jawa Tengah saat bertugas di Lebanon guna mendukung misi perdamaian Satuan Tugas Maritim TNI Kontigen Garuda XXVIII-I/United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) 2016.
    “Selain membawa misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), pasukan TNI juga akan memromosikan budaya dan pariwisata Indonesia termasuk Purbalingga,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Purbalingga Prayitno di Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa.
    Menurut dia, Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL 2016 akan bertugas di Libanon selama satu tahun mulai bulan Agustus 2016.
    Ia mengatakan Komandan KRI John Lie-358 Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo secara kebetulan merupakan putra asli Banyumas, Jateng.
    Dengan demikian, kata dia, promosi budaya dan pariwisata difokuskan untuk lingkup Banyumas dan sekitarnya termasuk di dalamnya Purbalingga.
    Selain itu, lanjut dia, Kepala Divisi Kebaharian KRI John Lie 358 Letnan Satu Laut (P) Rafael Bimantoro merupakan putra dari Purwatiningsih, pegawai negeri sipil yang berdinas di Inspektorat Purbalingga.
    “Oleh karena itu, kami menyerahkan buku-buku kepariwisataan Purbalingga dan sejumlah cendera mata di antaranya 20 buah blangkon gaya Jawa Tengah, lima buah blangkon motif hitam gaya Banyumasan, satu paket atau empat setel pakaian punakawan catur, empat kotak bulu mata palsu, dan 30 keping video ‘compact disc’ profil wisata Purbalingga kepada Lettu Laut (P) Rafael Bimantoro,” katanya.
    Ia mengaku ikut terbantu oleh awak KRI John Lie-358 yang akan memromosi pariwisata dan budaya Purbalingga hingga ke luar negeri.
    Bahkan, kata dia, promosi itu tidak hanya dilakukan di Lebanon tetapi juga negara-negara yang disinggahi KRI John Lie-358 termasuk pasukan negara lain yang tergabung dalam misi perdamaian PBB, antara lain Brasil, Bangladesh, Yunani, dan Turki.
    Sementara itu, Lettu Laut (P) Rafael Bimantoro berterima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam mendukung misi Pasukan Garuda ke Libanon.
    Selama menjalankan misi itu, kata dia, para awak kapal juga mengemban misi diplomasi serta mengenalkan pariwisata, kesenian, dan kebudayaan Indonesia dari Purbalingga.
    Dari 107 prajurit yang bertugas dalam misi tersebut, lanjut dia, sekitar 20 prajurit berasal dari eks Keresidenan Banyumas.
    “Satu anggota kami juga berasal dari Desa Palumutan, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga, sedangkan Komandan KRI John Lie-358 Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo merupakan putra asli Desa Papringan, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas,” katanya.
    Menurut dia, Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-I/UNIFIL 2016 akan menggantikan Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-H/UNIFIL 2016 yang menggunakan KRI Bung Tomo-357.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com