• Angkutan Barang Dilarang Beroperasi Selama Lebaran

    0

    Padang, jurnalsumatra.com – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Sumatera Barat, melarang truk angkutan barang tonase berat beroperasi pada H-5 hingga H+3 Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah guna menjaga kelancaran arus lalu lintas.
    “Hal ini sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 22 Tahun 2016 tentang pengaturan lalu lintas, larangan pengoperasian kendaraan angkutan barang dan penutupan jembatan timbang selama lebaran 2016,” kata Kepala Dishubkominfo Sumbar Amran di Padang, Kamis.
    Ia menjelaskan peraturan itu berlaku untuk segala jenis truk angkutan berat kecuali truk yang mengangkut segala jenis bahan kebutuhan pokok dan bahan bakar minyak (BBM).
    Peraturan itu bertujuan agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas, karena biasanya menjelang dan pascalebaran aktivitas lalu lintas cukup tinggi.
    Kebijakan itu juga demi kenyamanan masyarakat saat melakukan perjalanan mudik Lebaran bersama keluarga.
    Ia menyebutkan jembatan timbang akan ditutup pada H-7 hingga H+7 lebaran.
    Jembatan timbang itu nantinya akan dialihfungsikan untuk “rest area” atau tempat berhenti bagi pemudik yang membutuhkan istirahat.
    “Sembilan jembatan timbang yang ada di Sumbar semuanya akan dijadikan tempat berhenti bagi pemudik yang ingin istirahat,” ujarnya.
    Pada jembatan timbang itu nantinya akan ditugaskan dua orang petugas untuk menjaga lokasi secara bergantian.
    Selanjutnya pengawasan truk akan dilakukan oleh pihak kepolisian, jika masih ada yang melanggar kepolisian berhak manangkap dan memprosesnya sesuai aturan yang berlaku.
    Sementara itu, warga Padang Yoki (24) sangat mendukung adanya peraturan itu karena merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi kemacetan lalu lintas saat mudik lebaran.
    “Truk angkutan barang bertonase berat biasanya memakai ruas jalan cukup lebar, jalannya lambat sehingga mengganggu pemudik,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com