• Anggota DPRD Banyumas Harapkan Gaji Ke-13

    0

    Purwokerto, jurnalsumatra.com – Anggota DPRD Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengharapkan adanya gaji ke-13 dan gaji ke-14 atau tunjangan hari raya (THR) seperti yang diterima pegawai negeri sipil, anggota TNI/Polri, dan pejabat negara.
    “Sampai hari ini, kami belum menerima informasi apakah anggota DPRD Banyumas akan menerima gaji ke-13 dan THR atau tidak,” kata Sekretaris Komisi D DPRD Banyumas Yoga Sugama di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu.
    Padahal, kata dia, beberapa pemerintah kabupaten (pemkab) lain seperti Pemkab Kebumen sudah menyiapkan gaji ke-13 dan THR bagi anggota DPRD setempat.
    Oleh karena

    itu, lanjut dia, sejumlah anggota DPRD Banyumas gundah lantaran belum adanya kepastian terkait gaji ke-13 dan THR bagi mereka.
    Dia menduga hal itu terjadi karena dalam empat peraturan pemerintah (PP) yang baru ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo, yakni PP 19/2016 yang berkaitan dengan pemberian gaji ke-13 dan PP 22/2016 yang berkaitan dengan THR, gaji ke-13 dan THR bagi anggota DPRD tidak dipaparkan secara jelas.
    “Kami bukanlah tenaga ‘outsourcing’. Tenaga ‘outsourcing’ saja berhak mendapat THR, mengapa kami yang salah satu fungsinya melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan anggaran pendapatan dan belanja daerah, tidak mendapatkan THR,” katanya.
    Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan berdasarkan informasi dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Banyumas, Pemkab Banyumas telah mengalokasikan anggaran untuk gaji ke-13 dan THR bagi anggota DPRD setempat.
    Menurut dia, pemberian gaji ke-13 dan THR bagi anggota DPRD tersebut berdasarkan Pasal 8 PP 19/2016 dan Pasal 8 PP 20/2016.
    “Setiap anggota DPRD akan mendapat gaji ke-13 sebesar gaji pokok ditambah tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan atau sekitar Rp5 juta, sedangkan THR sebesar gaji pokok yang diterima pada bulan Juni yang besarnya lebih dari Rp2 juta. Total anggaran untuk gaji ke-13 dan THR bagi anggota DPRD Banyumas kurang lebih Rp1,010 miliar,” katanya.
    Ia mengatakan pencairan gaji ke-13 dan THR bagi PNS Pemkab Banyumas maupun anggota DPRD Banyumas akan dilakukan pekan depan sebelum cuti bersama.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com