• AMSAKAR Instruksikan Puskesmas Buka Sampai Sore

    0

    Batam, jurnalsumatra.com- Wakil Wali Kota Batam Kepulauan Riau Amsakar Achmad menginstruksikan seluruh Puskesmas di kota itu untuk tetap beroperasi hingga sore hari, sesuai ketentuan, tidak boleh menutup pelayanan pada pukul 12.00 WIB.
    “Pelayanan sampai jam 12.00 WIB itu membuat saya tidak nyaman,” kata Wakil Wali Kota Amsakar Achmad usai inspeksi mendadak di Puskesmas di Batam, Kamis.
    Dalam sidak, juga berdasarkan laporan masyarakat, ia mengetahui sejumlah Puskesmas menutup pendaftaran pelayanan pada pukul 12.00 WIB. Lepas dari waktu itu, Puskesmas tidak menerima pasien, dan mengarahkan ke gawat darurat.
    Ia menyayangkan kebijakan sepihak oleh Puskesmas, karena seharusnya Puskesmas memberikan pelayanan kesehatan terbaik.
    “Saya mau pasien yang datang tetap dilayani. Saya tanya kepada Kepala Puskesmas-nya, alasannya mereka melakukan rekap administrasi setelah jam 12.00 WIB,” kata dia.
    Amsakar menduga, kebijakan menutup pendaftaran hingga pukul 12.00 WIB dilakukan karena dokter membuka praktek di tempat lain, sehingga menggesa pelayanan di Puskesmas.
    “Kalau mau buka praktek, cukup di ¿luar saja, tidak perlu di Puskesmas saja. Kami membutuhkan dokter yang memberikan pelayanan maksimal,” kata dia.
    Wakil Wali Kota akan memanggil Kepala Dinas Kesehatan Chandra Rizal untuk membahas jam operasional Puskesmas. Ia juga meminta Kepala Dinas mengumpulkan seluruh kepala Puskesmas untuk masalah itu.
    Terpisah, warga Batam, Nata, mengeluhkan waktu operasional Puskesmas Sekupang, yang menutup loket pendaftaran pada pukul 12.00 WIB. Dan petugas Puskesmas mengalihkan pelayanan ke gawat darurat.
    “Kalau hanya sakit flu biasa kenapa harus ke gawat darurat, ini tidak beres,” kata dia.
    Ia berharap Pemkot segera membenahi kinerja staf Puskesmas, agar memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com