• 12 Wali Kota Bahas Program Perkuat Otonomi

    0

    Denpasar, jurnalsumatra.com – Sebanyak 12 wali kota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah IV membahas program penguatan otonomi daerah untuk memepercepat pembangunan di daerah untuk kesejahteraan masyarakat,  di Sanur, Bali, Kamis.
    Wali Kota Kupang Jonas Salean di sela-sela rapat kerja itu mengatakan, penguatan otonomi daerah untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat, menjadi penting untuk terus diperkuat.
    “Ini akan membantu pemerintah kota dalam melaksanakan sejumlah program kebijakan pemerintah kota masing-masing daerah,” katanya.
    Wakil Ketua APEKSI Korwil IV itu mengaku, secara kelembagaan pemerintah kota memandang penting untuk terus merancang sejumlah kebijakan sebagai acuan pelaksanaan pembangunan kemasyarakatan di daerah masing-masing.
    Dalam konteks itu, para wali kota komisariat kerja IV yang meliputi 12 wilayah itu bersepakat untuk merancang sejumlah kebijakan untuk memperkuat pelaksanaan otonomi daerah itu.
    Dalam rapat kerja itu, kata Jonas dibahas sejumlah program di antaranya konsolidasi organisasi dan program kerja, pelaksanaan upaya kerja sama untuk meningkatkan promosi inevestasi daerah.
    Hal lainnya akan berkaitan dengan kerja sama pariwisaya, insutri, perdagangan, pendidikan dan kesehatan serta pengtolahan limbah perkotaan.
    Selain itu juga kata mantan Sekretaris Daerah Kota Kupang itu, juga dibahas kerja sama peningkatan informasi dan media massa, pengelolaan kekayaan budaya daerah, ketenagakerjaan, jaringan web site yang terintegrasi untuk sarana promosi potensi dan informasi inovasi teknologi.
    APEKSI kata Jonas juga terus bergulat dalam peningkatan kapasitas sumber daya aparatur dan kelembagaan.
    Menurut Jonas, tata kelola pemerintahan yang baik yang akan bermuara kepada kesejahteraan rakyat, harus didukung dengan keberadaan sumber daya dan kelembagaan yang mumpuni.
    Karena itulah, menjadi penting rapat kerja ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah keputusan yang bisa dijadikan sebagai landasan pelaksanaan pembangunan daerah dengan semangat otonomi daerah.
    Jonas, mengatakan, semangat otonomi daerah untuk pembangunan daerah dalam bingkai semangat kesejahteraan itu, penting juga didukung semua pihak. “Karena itulah koordinasi lintas pemerintah kota perlu terus dilakukan,” katanya.
    Dia menyebut, untuk komisariat wilayah IV APEKSI meliputi wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
    Selain rapat kerja tambah Jonas,  akan dilakukan penanaman pohon dan pawai budaya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com