• Widjojo-Hatta Saling Menginspirasi

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Meutia Hatta mengatakan proklamator Mohammad Hatta merupakan inspirasi bagi Prof Widjojo Nitisastro, tetapi Widjojo juga memberikan inspirasi bagi Hatta.
    “Prof Widjojo juga akan selalu menjadi inspirasi bagi para mahasiswanya di Universitas Indonesia,” kata Meutia Hatta dalam acara peluncuran buku “Widjojo Nitisastro: Panditaning Para Raja” di Jakarta, Sabtu.
    Meutia mengatakan selalu mengikuti hubungan antara Widjojo dengan Hatta. Menurut dia, setiap Idul Fitri, Widjojo selalu berkunjung ke rumah Hatta.
    “Karena itu, saya juga mengenal Mbak Wida (Widjajalaksmi Kusumaningsih, putri Widjojo),” ujarnya.
    Pada saat Hatta meninggal dunia, Meutia juga menghubungi beberapa tokoh untuk menuliskan kesan terhadap Wakil Presiden pertama Indonesia itu. Meutia menuturkan Widjojo menuliskan kesannya terhadap kata pengantar yang ditulis Hatta untuk bukunya.
    Pada saat itu, Widjojo yang masih menjadi mahasiswa menulis sebuah buku dan meminta Hatta yang masih menjabat Wakil Presiden menuliskan kata pengantar.
    “Pak Widjojo menceritakan, sebelum menuliskan kata pengantar, Bung Hatta membaca setiap halaman buku itu. Itu ditandai dengan paraf dan catatan yang ada di setiap halaman,” tuturnya.
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia meluncurkan buku “Widjojo Nitisastro: Panditaning Para Raja” yang ditulis oleh putri ekonom tersebut, Widjajalaksmi Kusumaningsih.
    Buku yang diterbitkan Kompas itu disertai sambutan dan catatan pinggir dari wartawan senior dan tokoh pers Indonesia Jakob Oetama dan Gunawan Mohamad.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com