• Warga Merahmata Tuntut PT CS2 Pekerjaan dan Pencemaran Sungai

    0
    demo teh gelas

    Warga Merahmata Tuntut PT CS2 Pekerjaan dan Pencemaran Sungai

    BANYUASIN, jurnalsumatra.com – Ratusan  warga Desa UjianMerahmata, Kecamatan  Banyuasin I (Mariana), Kabupaten Banyuasin, Kamis (19/5) 2016 melakukan aksi unjuk rasa damai  di PT CS2 Pola Sehat (Pabrik Pembuatan Teh Gelas), menuntut dan mendesak pihak perusahaan untuk memperhatikan masalah jalan (Program CSR), perekrutan tenaga kerja pribumi,dan bertanggungjawab atas pencemaran Sungai Borang.

    Aksi warga ini  dipimpin Kades UjianMerahmata H Ruslan, dengan Korlapnya Karyono, dan pimpinan aksinya Slamet Riyadi,

    menuntut perusahaan untuk memperhatikan kondisi jalan desa dengan menjalankan program CSR-nya, merekrut warga setempat untuk diterima sebagai karyawan perusahaan 75 persen dari perekrutan karyawan di luar dari warga se tempat. Dan, bertanggungjawab atas pencemaran Sungai Borang atas limbah yang dihasilkan perusahaan, karena dampaknya selain merugikan warga se tempat yang selama ini menkonsumsi air Sungai Borang, juga berdampak pada pendistribusian air bersih PDAM Tirta Betuah Banyuasin. Ratusan warga ini, dengan 15 perwakilan diterima  langsung oleh Yedemi (HRD perusahaan) dan Hermanto (staf perusahaan).

    Dari hasil pertemuan tersebut, perusahaan menyanggupi permintaan dari desakan warga, yaitu:

    1. Perusahaan bertanggung jawab atas perbaikan jalan desa,
    2. Perusahaan menyanggupi menerima/merekrut warga setempat untuk dipekerjakan di PT CS2 Pola Sehat,
    3. Terkait soal limbah, pihaknya akan segera mengatasi masalah tersebut.

    Tiga poin pernyataan tersebut ditandatangani diatas materai Rp 6000,- yang ditandatangani Hermanto.

    “Selama perusahaan ini berdiri banyak sekali pekerja yang bukan dari warga lokal, dan kondisi jalan masih terlihat jelek dan limbah pembuangan air dari perusahaan mencemari air sungai borang,”jelas Karyono.

    Dari pihak Perusahaan  CS2 Pola Sehat, bersedia menyepakati desakan warga dan akan memenuhi beberapa tuntutan warga. “Tuntutan warga kami terima, tuntutan warga akan segera kami realisasikan,”ujar Hermanto didampingi Yedemi.

    Richard selaku PLH Kabid Penegak Hukum BLH Banyuasin mengatakan, warga yang ingin menyampaikan aspirasinya dipersilahkan saja. “Silahkan sampaikan aspirasi dan kami berharap aspirasinya disampaikan dengan tertib dan kondusif,”katanya. (Lubis)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com