• Wakil Wali Kota Minta Sekolah Awasi Jajanan

    0

         Padang, jurnalsumatra.com – Wakil Wali Kota Padang, Sumatera Barat, Emzalmi, mengimbau seluruh pengelola sekolah di daerah tersebut untuk mengawasi secara ketat jajanan yang biasa dibeli siswa.
    “Pengawasan ini penting untuk menghindari kejadian keracunan jajanan siswa yang beberapa waktu terakhir marak terjadi,” kata dia di Padang, Sabtu.
    Menurut dia, salah satu upaya pengawasan itu, yakni memeriksa higienitas dan kebersihan makanan yang dijual di warung atau kantin sekolah, antara lain jenis makanan, penggunaan bumbu, lama penyimpanan makanan, dan cara pengolahan.
    Berbagai hal tersebut, katanya, sebaiknya tidak luput dari pengetahuan pihak sekolah.
    “Selayaknya menciptakan kantin sehat, telah jadi kewajiban semua sekolah saat ini,” ujar dia.
    Dia mengatakan selain mengawasi warung atau kantin dalam sekolah, sekolah juga mengawasi warung atau tempat belanja makanan siswa di luar sekolah.

         Jika perlu, katanya, sekolah menyediakan tempat yang lengkap untuk jajanan  sehingga siswa tidak perlu mencari ke luar.
    Pengawasan itu, katanya, harus disertai dengan bimbingan dan arahan tentang jajanan sehat dan bersih, termasuk lingkungan warungnya.
    “Persoalan kantin ini telah jadi komitmen pemkot memperbaikinya,” kata dia.
    Beberapa waktu lalu, pihaknya telah mengundang kepala sekolah dan perwakilan bidang pendidikan untuk membahas terkait dengan kelayakan kantin sekolah.
    “Diharapkan ke depan akan ada regulasi yang menjadikan semua sekolah memiliki kantin yang sehat dan bersih,” ujarnya.
    Salah satu siswa SMA di Padang, Ander, mengakui memilih jajanan di luar sekolah karena terbatasnya persediaan di kantin sekolah.
    Jika nantinya sekolah berupaya meningkatkan kualitas kantin, katanya, harus disesuaikan dengan selera atau kebiasaan kebanyakan siswa.
    “Artinya ada kemungkinan setiap hari, minggu, atau tahun akan ada perubahan jenis makanan sesuai perkembangan,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com