• TP PKK Ambon Gelar Lomba Menu B2SA

    0

         Ambon, jurnalsumatra.com – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK) Kota Ambon menggelar lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis pangan lokal.
    “Lomba cipta menu diikuti TP PKK lima kecamatan di Ambon menggunakan bahan pangan lokal dari tepung sagu, umbi-umbian serta buah-buahan seperti pala dan gandaria,” kata Ketua TP PKK Ambon, Debby Louhenapessy, Senin.
    Ia mengatakan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengonsumsi pangan yang beragam, bergizi dan berimbang, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.

         “Lomba ini digelar untuk mendorong peran serta ibu-ibu dan meningkatkan kreatifitas anggota keluarga yakni ayah, ibu dan anak,” katanya.
    Lomba ini, lanjutnya, merupakan upaya diversifikasi pangan lokal sekaligus mendorong peningkatan wisata kuliner khas Ambon.
    “Banyak aneka pangan lokal serta rempah dari Ambon belum diketahui masyarakat Indonesia bahkan di luar negeri, karena itu lewat lomba ini selain mempersiapkan tim juga memperkenalkan pangan lokal Ambon,” ujarnya.
    Menurut Debby, lomba cipta menu B2SA merupakan kegiatan nasional Tim PKK Pusat setiap tahun yang dijabarkan ke kabupaten dan kota.

         “Untuk mendapatkan tim yang akan berlomba di tingkat nasional, maka kami mempersiapkan tim untuk menghadapi lomba tingkat provinsi Maluku,” tandasnya.
    Dijelaskannya, peserta lomba cipta menu berasal dari warga di lima kecamatan di Kota Ambon. Setiap kecamatan mengirimkan kelompok yang masing-masing terdiri dari 10 orang, untuk memasak dan menyajikan masakan.
    Selain lomba cipta menu B2SA juag dilaksanakan lomba menu serba ikan yang diikuti 12 peserta perwakilan setiap kecamatan.
    “Lomba menu serba ikan diharapkan menjadi bagian untuk memperkenalkan kuliner khas Maluku berbahan dasar ikan, kita harapkan para peserta dapat menampilkan kreasi dan inovasi yang ke depan dapat dikembangkan menjadi menu harian di setiap rumah tangga,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com