• TNI bantu pemerintah wujudkan revolusi mental masyarakat

    0

    Baturaja, jurnalsumatra.com – TNI jajaran Kodim 0403 Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan membantu program pemerintah dalam mewujudkan revolusi mental di tengah masyarakat melalui program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa yang sekarang sedang dilaksanakan di Desa Lubukrukam.

    Selain kegiatan fisik juga dilaksanakan kegiatan non fisik yang menjadi visi misi kemanunggalan TNI membantu pemerintah dalam mewujudkan revolusi mental di tengah masyarakat melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), kata anggota bintara pembina desa (Babinsa) Kodim 0403 OKU, Serma, Aris Bintaro di Lubukrukam, Jumat.

    Ia mengatakan, selain kegiatan fisik juga non fisik pun menjadi salah satu prioritas sasaran pelaksanaan TMMD ke-96 yang digelar di Desa Lubukrukam Kecamatan Peninjauan Ogan Komering Ulu (OKU).

    Ia berharap, aktivitas Satgas Kodim 0403 ini mampu memberikan tauladan bagi masyarakat sekitar, mulai dari membantu keseharian penduduk, memberikan penyuluhan narkoba di sekolah hingga memimpin shalat Jumat di desa tersebut menjadi momentum mewujudkan revolusi mental di kehidupan masyarakat dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

    Ia mencontohkan, seperti inilah keseharian prajurit Babinsa Kodim 0403 di Desa Lubukrukam tempat dilaksanakannya kegiatan TMMD di Sumatera Selatan.

    Ia menjelaskan, selama satu bulan lebih ratusan personel Babinsa membaur di tengah masyarakat dan menetap tinggal di rumah mereka, bahkan para prajurit ini tak canggung membantu pekerjaan pemilik rumah seperti menyapu, membereskan dapur, mencuci piring, memasak serta menyiapkan sarapan untuk disantap bersama sebelum mereka melanjutkan tugasnya di lapangan.

    Sementara, kegiatan lainnya TMMD bersama Polres OKU dan tokoh masyarakat memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba di SMPN 40 yang bertujuan para pelajar dapat lebih mengerti akan bahaya narkoba.

    Di samping itu, para pelajar itu nantinya diharapkan bisa mensosialisasikannya ke lingkungan sekitar sebagai salah satu upaya pencegahan berkembanganya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, katanya.

    “Kami mengharapkan sebagai pihak kepolisian agar anak anak khsususnya di Desa Lubukrukam dapat lebih mengerti dan faham dampak bahaya narkoba yang ditimbulkan, serta pihak sekolah memberikan beberapa kegiatan positif seperti olahraga ekstrakurikuler atau pengajian dan lainnya,” kata penyuluh narkoba dari Polres OKU, Suhaimi menambahkan.

    Sementara, aktivitas para prajurit berlanjut di sebuah masjid dimana salah satu anggota Babinsa bernama Casno menjadi khotib dan imam pada pelaksanaan shalat Jumat di desa tersebut.

    Pantauan di lapangan, decak kagum serta pemandangan tak biasa pun terpancar raut muka jamaah datang melihat sosok tentara yang biasa di medan perang, kini memberikan tauladan terbaik dalam sisi keagamaan di desa mereka.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com