• Tidak Ada Perbedaan, Ramadhan Serentak 6 Juni

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Pelaksanaan ibadah puasa pada bulan Ramadhan 1437 H akan dimulai pada tanggal 6 Juni 2016. Diprediksi tidak ada perbedaan antara pemerintah dan ormas Islam besar yang diwakili oleh Nahdhatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

    Pakar ilmu Falak dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Drs M Teguh Sobri, MHI mengatakan, awal puasa Ramadhan tahun ini akan dimulai pada Hari Senin, 6 Juni 2016.

    Hal ini berdasarkan hasil perhitungan hilal melalui ilmu falak bahwa posisi bulan berada di atas 2 derajat pada tanggal 2 Juni 2016 nanti. “InsyaAllah Puasa Ramadhan tahun ini ini bisa dilakukan secara bersama,” kata Teguh saat dihubungi wartawan, Senin (30/5).

    Diterangkan, berdasarkan hasil perhitungan ilmu falak, tinggi hilal sebesar ini telah memenuhi kriteria Metode Wujudul Hilal yang digunakan oleh Muhammadiyah dan Metode Rukyatul Hilal Bil Fi’li yang digunakan oleh NU dan Ormas Islam yang lainnya. “Sehingga ini menjadi kriteria bersama,” tukasnya.

    Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan, H. Hambali melalui Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel, H. Saefudin Latief menuturkan, penentuan awal Ramadan 1437 H tahun ini Tim Hisab dan Rukyat Kemenag Sumsel akan melakukan observasi melihat bulan (rukyatul hilal) di Hotel Aryaduta Palembang.

    “Tanggal 5 Juni sore akan dilakukan rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadan tahun ini,” kata Udin.

    Dikatakan, kegiatan Rukyatul Hilal langsung dipimpin oleh Kakanwil Kemenag Sumsel H Hambali dan disaksikan dari unsur Pengadilan Tinggi Agama Sumsel, perguruan tinggi, para pakar ahli hisab dan rukyat, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wartawan dan pihak-pihak terkait. “Mudah-mudahan waktunya sama dengan Muhammadiyah, NU dan Pemerintah,” harapnya.

    Ditambahkan, setelah petugas melakukan pemantauan akan rapat dan memutuskan hasil pengamatannya berdasarkan sumpah. “Hasil pantauan akan dilaporkan ke Jakarta dan keputusan awal Ramadan oleh Menteri Agama,” pungkasnya. (eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com