• Sekda: Setiap Tahun Ada Program Cuci Siring

    0

    Lahat, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Lahat, Ir Lodik Sitompul MM melalui Sekretaris, Wancik membenarkan, bahwasanya pihaknya akan melakukan cuci siring (normalisasi) terhadap drainase ayek apul, maupun larangan dan tue.

    “Kalau tidak ada aral melintang, pelaksanaannya sendiri akan diselenggarakan awal Agustus dengan membagi beberapa wilayah terhadap tiga drainase sepanjang Kota Lahat,” ujarnya belum lama ini.

    Ia mengatakan, pembersihan normalisasi, begitu juga yang mengalami rusak-rusak ringan diperbaiki, untuk kondisi berat akan direhab siring ayek apul.

    “Tahap pertama, dilakukan Agustus dimulai pembersihan, bukan sekali dan hampir sama pemeliharaan rutin, dan pada Oktober dan November dibersihkan lagi dan disesuaikan dengan anggaran,” ungkap Wancik.

    Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat, Nasrun Aswari SE MM menyebutkan, setiap tahun ada program kegiatan cuci siring, ayek apul, larangan dan tue, di DPU CK diserahkan kepada pihak ketiga.

    “Pelaksananya ketika air kecil atau masuk kemarau, kendala tempat buang sampah, kepada warga untuk tidak buang sampah di drainase, supaya tidak terjadi penumpukan dan menjadi sarang nyamuk,”ungap Nasrun.

    Dikatakan oleh mantan Kepala PPAKD Lahat ini, mengamankan infrastruktur untuk buang sampah dan bersumber kebakaran apabila kering. Penyempitan drainase dimana, warga membangun atau mendirikan bagi kepentingan sendiri yakni, bangun kamar mandi maupun bangunan rumah. Pemerintah wilayah setempat, instansi teknis (DPU CK dan Tata Ruang, Bappeda, kecamatan dan masyarakat).

    “Kelompok kerja masyarakat (pokmas) dapat difungsikan kembali dalam membantu membersihkan drainase ayek apul, larangan dan tue,” ujarnya dengan lantang. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com