• Ratusan Korban Banjir Bandang Subang Mengungsi

    0

    Purwakarta, jurnalsumatra.com – Ratusan warga Desa Sukakerti, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, mengungsi akibat bencana banjir bandang yang terjadi pada Minggu (22/5) malam.
    Kapolres Subang AKBP Agus Nurpatria, saat dihubungi di Purwakarta, Senin, mengaku sudah melakukan evakuasi korban serta mengungsikan ratusan korban banjir bandang.
    “Sesuai pendataan, sudah ada 388 warga yang mengungsi. Mereka terpaksa diungsikan untuk mengantisipasi terjadinya banjir bandang susulan,” katanya.
    Ratusan personel gabungan diturunkan ke lokasi bencana. Terdiri atas 165 personel kepolisian beserta satu pleton Brimob, sebanyak 50 personel TNI dari Kodim 0605/Subang.
    Selain itu, diturunkan pula personel gabungan Satuan Polisi Pamong Praja, Taruna Siaga Bencana, Dinas Sosial, serta Dinas Kesehatan setempat.
    “Kita juga menggelar pengamanan rumah warga yang mengungsi,” kata kapolres.
    Petugas juga mendirikan Pos Penanggulangan Bencana serta membangun dapur umum di sekitar kantor Desa Sukakerti.
    Sementara itu, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Subang, Jajang, mengatakan, bencana alam banjir bandang itu terjadi saat terjadi hujan deras di wilayah Cisalak yang berada di ketinggian di kawasan Gunung Bukit Tunggul.
    Di Desa Bukanagara, terjadi tiga titik ilongsor yang pada akhirnya membendung Sungai Cihideung.
    “Saat longsorannya membendung sungai, longsoran di sungai itu akhirnya jebol dan menerjang perkampungan di bawahnya, yakni Kampung Cihideung,” kata dia.
    Sebanyak 32 unit rumah dilaporkan rusak karena terbawa arus banjir bandang. Dalam kejadian itu, dilaporkan lima orang dikabarkan meninggal dunia, dan seorang masih hilang. (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com