• Ratusan Juru Parkir Mataram Dibina

    0

         Mataram, jurnalsumatra.com – Ratusan juru parkir di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat akan diberikan pembinaan agar mereka bisa melaksanakan tugasnya dengan benar sesuai dengan aturan.
    “Jumlah petugas parkir di Kota Mataram sekitar 550 orang dan semuanya akan mendapatkan pembinaan melalui sosialisasi Perda Nomor 7 tahun 2015 tentang Pengelolaan Parkir,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informastika (Dishubkominfo) Kota Mataram H Khalid di Mataram, Sabtu.

         Ia mengatakan, sosialisasi perda itu sangat penting agar para petugas parkir mengetahui tugas pokok dan fungsinya serta tanggung jawabnya sebagai juru parkir.
    “Jadi saat bertugas juru parkir tidak semaunya,” katanya.
    Menurutnya, kegiatan pembinaan dan sosialisasi perda itu akan dilaksanakan dalam waktu sesegera mungkin, setelah SK penetapan wilayah pajak parkir dan retribusi parkir diterbitkan.

         Untuk mempersiapan kegiatan pembinaan dan sosialisasi itu, pihak Dishubkominfo juga telah memperforasi sebanyak 4.000 buku karcis parkir.
    “Karcis parkir ini sebagai bagian untuk mengontrol dan mengawasi pendapatan dari retribusi parkir, yang selama ini tidak pernah diberlakukan,” katanya.
    Pasalnya, kata mantan Camat Sekarbela ini, dalam Perda Nomor 7 tahun 2015 itu disebutkan bahwa semua pungutan parkir yang dilakukan juru parkir harus menggunakan karcis.

         Tujuannya, selain mengontrol pendapatan parkir juga mencegah adanya juru parkir liar,” sebutnya.
    Selain itu, dengan adanya penggunaan karcis parkir, ada tanggung jawab khusus terhadap pengguna jasa parkir ketika terjadi kehilangan kendaraan.
    “Kehilangan dalam perda itu disebutkan 50 persen menjadi tanggung jawab pemerintah dan 50 persen lagi tanggung jawab pengelola atau petugas parkir,” katanya menjelaskan.

         Di samping itu, dalam perda juga disebutkan tugas juru parkir yang harus merapikan kendaraan pengguna jasa dan membantu untuk mengeluarkannya.
    “Jadi tidak hanya melihat saja, kemudian mengambil uang parkir,” katanya sambil menambahkan dengan pemberlakukan karcis parkir, pihaknya optimistis target retribusi parkir tahun ini sebesar Rp1,5 miliar akan tercapai.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com