• Polisi Aceh Barat Gelar Operasi Patuh Rencong

    0

         Meulaboh, Aceh, jurnalsumatra.com – Kepolisian Resort Aceh Barat, Polda Aceh melaksanakan Operasi Patuh Rencong 2016 dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat untuk tertib berlalu lintas.
    Kapolres Aceh Barat AKBP Teguh Priyambodo Nugroho melalui Kasat Lantas Iptu Faisal di Meulaboh, Senin, mengatakan, kegiatan demikian juga serentak dilakukan di seluruh Indonesia sejak 16-29 Mei 2016.
    “Hari ini kita mulai, bukan hanya kita di Aceh Barat tapi seluruh Kepolisian di Indonesia mulai melakukan operasi patuh rencong 2016,” sebutnya.

         Operasi tersebut melibatkan pihak terkait seperti Polisi Militer, Dinas Perhubungan melakukan razia pada ruas Jalan Nasional Meulaboh-Tapak Tuan, tepatnya di depan Pos Sat Lantas Aceh Barat yang dimulai sejak pagi hingga sore hari.
    Operasi Patuh Rencong 2016 mencakup semua jenis kendaraan untuk mengigatkan masyarakat sadar berlalu lintas sehingga dapat menurunkan angka kecelakaan secara signifikan di Kabupaten Aceh Barat.
    Dia menjelaskan, dalam operasi tersebut setiap kendaraan bermotor diperiksa kelengkapan surat-surat kendaraan, melawan arus, plat nomor harus sesuai spectec, helm dua bagi kendaran pembonceng serta nyala lampu disiang hari (ligh on).

         Selain itu pelanggaran berat yang dapat ditilang apabila penguna kendaraan menerobos rambu-rambu lampu merah, menyeberang marka jalan dan garis stop serta membawa penumpang sepeda motor lebih dari dua orang.
    Sementara untuk kendaraan roda empat kata Faisal, ada enam sasaran yang menjadi objek operasi yakni plat nomor asli, tempelan logo/simbul pada plat nomor, pakai rotator/sirene pada mobil pribadi, pengunaan sabuk pengaman, menerobos lampu merah serta melanggar marka jalan atau garis stop.
    “Saya pikir semua aturan ini sudah diketahui masyarakat pemilik kendaraan terutama, jadi apabila kita menemukan pelanggaran-pelanggaran demikian maka langsung ditindak,” katanya menambahkan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com