• Polda Sumut Amankan 18 Ton Bawang Ilegal

    0

         Medan, jurnalsumatra.com – Kepolisian Daerah Sumatera Utara mengamankan bawang merah impor ilegal asal Myanmar dengan berat sekitar 18 ton dari tiga lokasi berbeda, Selasa dini hari.
    Kabid Humas Polda Sumut AKBP Rina Sari Ginting di Medan, Selasa, mengatakan tangkapan pertama dilakukan dari truk dengan nomor polisi BK-9560-VN di Jalan Lintas Medan-Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang sekitar pukul 00.30 WIB.
    Dari truk tersebut, diamankan bawang merah sekitar 3,6 ton yang dibungkus dalam 400 karung.
    Dari pemeriksaan yang dilakukan, bawang merah jenis Orion yang juga disebut bawang Birma itu akan dibawa ke Pasar Induk Lauchi, Padang Bulan, Medan.
    Kemudian, pada pukul 05.00 WIB, diamankan lagi satu unit truk dengan nomor polisi BK-9206-VP dekat jembatan timbang Tanjung Morawa.

         Dari truk tersebut, diamankan bawang merah impor jenis 888 asal Malaysia tanpa dokumen sebanyak 800 karung atau sekitar 7,2 ton.
    Sedangkan tangkapan ketiga dilakukan di Jalan Asrama Haji Medan terhadap satu unit truk dengan nomor polisi BM-8394-PC.
    Dari truk itu, diamankan bawang merah tanpa dokumen jenis AAA atau disebut bawang Peking sebanyak 800 karung atau 7,2 ton.
    Setelah dikumpulkan, seluruh bawang merah yang berhasil diamakan tersebut sebanyak 2.000 karung atau dengan berat 18 ton.
    Pihak kepolisian mengenakan pelanggaran Pasal 102, Pasal 103, dan Pasal 104 UU 17 tahun 2006 tentang Kepabeanan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com