• Pengelola Keuangan Harus Ubah Mindsite

    0
    Pengelola Keuangan Harus Ubah Mindsite

    Pengelola Keuangan Harus Ubah Mindsite

    Lahat, jurnalsumatra.com – Kasus hukum yang sering dialami Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait pengelolaan Keuangan Negara harus menjadi perhatian serius para pejabat berwenang untuk dapat mengubah Mindsite (Tata Cara-red). Bendahara dan PPTK Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) harus jeli dan memiliki tolak ukur yang jelas dalam setiap melakukan belanja kedinasan.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat, Nasrun Aswari SE MM didampingi Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), H Haryanto SE MBA menegaskan, penertiban dan pengelolaan keuangan negara agar disampaikan secara baik dan jangan sampai menyimpang dari ketentuan berlaku. Mindsite harus dirubah, dimana, selama ini bendahara yang membayar, akan tetapi saat ini hal tersebut mesti dilaksanakan supaya tidak menjadi tanggung jawab bendahara saja.

    “Akan tetapi, Kasubbag keuangan harus mengetahui dalam mengelola, sehingga dapat dinilai oleh DPPKAD, apabila tidak melapor siap-siap diganti kalau tidak mampu. Terkhusus bagi bendahara masing-masing SKPD agar menjadi tolak ukur dalam mengelola keuangan dan pertanggungjawabannya,” tegasnya.

    Mantan Kepala PPAKD Lahat ini menjelaskan, khusus NPWP masih ada kendala diluar, tentunya dengan rekanan-rekanan agar diselesaikan, dan dilaporkan supaya tidak membuat baru. Pemkab Lahat menargetkan tahun ini seluruh penggunaan keuangan kas daerah harus tepat pertanggung jawabannya.

    “Hal ini justru akan meremua pihak, dengan mengoptimalkan sumber-sumber berpotensi, agar terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang handal dan akuntabel,” paparnya.

    Lebih jauh, Ia menambahkan, kepada seluruh bendahara dalam pengelolaan dan NPWP lokasi betul-betul optimal, dibantu oleh PPTK guna membuat perencanaan hingga administrasi dalam pekerjaan.

    “Bendahara hanya membayar atas perintah, apabila berkas-berkas lengkap, termasuk juga uang dinas perjalanan,” cetus Nasrun lagi. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com