• Pemprov Sumsel Percepat Pembangunan Jalur Khusus Kereta Api Batubara

    0
    Pemprov Sumsel Percepat Pembangunan Jalur Khusus Kereta Api Batubara

    Pemprov Sumsel Percepat Pembangunan Jalur Khusus Kereta Api Batubara

    Palembang, jurnalsumatra.com – Sebagai salah satu perusahaaan pemegang izin pertambangan, PT Banjarsari Pribumi yang merupakan salah satu anak perusahaan tergabung dalam Servo Group mengusulkan rencana pembangunan jalur Kereta Api khusus batubara di atas Jalan Servo dari Kabupaten Muaraenim menuju kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api Api.

    Rencana ini direspon positif Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Noerdin, dengan terus melakukan upaya percepatan sehingga rencana pembangunan ini dapat segera dilaksanakan. Menurut dia, pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Sumsel sangat mendukung terkait rencana pembangunan jalur Kereta Api khusus Batubara yang akan dilakukan PT Banjarsari Pribumi. Namun, pembangunan ini tentunya akan melalui proses yang cukup panjang terkait perizinan yang harus diselesaikan.

    “Pembangunan jalur khusus kereta api ini tidak semudah yang dibayangkan, karena proses perizinan yang harus diselesaikan cukup panjang,” ungkap Alex Saat menerima Direktur PT Banjarsari Pribumi, Dasril, bersama Direktur PT Servo Lintas Raya, Andreas Julianto, Chief Executive Officer Titan Group, serta Direksi Logistik dan Pengembangan PT KAI, Budi Noviantoro, terkait rencana pembangunan jalur Kereta Api di atas Jalan Servo di Griya Agung Palembang, Senin (9/5).

    Lebih lanjut Alex mengatakan, rencana pembangunan jalur khusus kereta api batubara ini leading sectornya di Dinas Perhubungan dan dinas Pertambangan. Menurutnya, kerjasama antara dua instansi ini harus terus dilakukan agar pembangunan ini bisa dilakukan cepat sesuai yang diharapkan. “Satu yang menjadi acuan kita adalah karena Presiden sudah setuju dengan rencana pembangunan jalur kereta api khusus batubara ini,” ujar Alex.

    Alex menjelaskan, apa yang menjadi tanggungjawab Pemprov Sumsel terkait pembangunan jalur khusus kereta api batubara akan diselesaikan secepatnya. Pasalnya, Pemprov Sumsel sudah jauh lebih dahulu melakukan berbagai upaya percepatan pembangunan ini.

    “Berdasarkan pengalaman kita, proses perizinan akan mamakan waktu cukup panjang ditambah lagi harus dilakukan perubahan amdal. Jadi, apa yang menjadi wewenang Gubernur akan kita bantu menyelesaikan secepatnya agar target sebelum Asian Games tercapai,” tegas Alex.

    Sementara itu, Direktur PT Banjarsari Pribumi, Dasril mengatakan, pertemuannya dengan Gubernur Sumsel untuk memaparkan rencana pembangunan jalan khusus kereta api untuk mengangkut batubara dari Muaraenim menuju Tanjung Api Api.

    Menurutnya, pihaknya telah melakukan penjajakan bersama PT KAI terkait rencana ini melihat PT KAI sendiri sudah berpengalaman dalam pengangkutan hasil tambang batubara. “Jalur Khusus Kereta Api ini sepanjang 221 KM, pembangunan tahap I dilakukan sepanjang 111 KM Muaraenim-Muara Lematang, tahap 2 110 KM Muara Lematang-Tanjung Api-Api,” terang Dasril.

    Lanjut Dasril, terkait Jalan Servo dari Muaraenim sampai ke Muara Lematang saat ini sudah selesai dibangun dan pembangunan rel ini akan melalui jalan tersebut.

    “Secara keseluruhan untuk pembebasan lahan dari Muara Lematang menuju TAA sudah mencapai 60 persen, kita harapkan dukungan penuh pemerintah agar pembangunan ini dapat segera dilaksnakan,” pungkasnya.(relis humas pemprov sumsel)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com