• PEMKOT Mataram Cari Lahan Pengganti Pembangunan PLTGU

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Mataram masih mencari lahan pengganti untuk pembangunan Pusat Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) di Bagik Kembar oleh PT PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat.
    “Pengganti lahan ini harus kita lakukan, karena lahan yang akan digunakan PLN membangun PLTGU adalah lahan ruang terbuka hijau (RTH),” kata Kepala Dinas Tata Kota dan Pengawasan Bagunan Kota Mataram H Lalu Junaidi di Mataram, Senin.
    Kompensasi lahan ini, menurut rencana, akan dicari di sekitar pinggir kali atau di pinggir pantai seluas dua hektare atau sesuai dengan lahan RTH yang akan digunakan PLN.
    Dikatakannya, kompensasi lahan ini menjadi salah satu pembahasan prioritas untuk dituntaskan agar izin pembangunan PLTGU bisa dikeluarkan.
    “Selain menunggu kompensasi lahan, izin pembangunan PLTGU juga masih menunggu revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) yang diprioritaskan rampung tahun ini,” katanya.
    Karena itu, kata Junaidi, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan pertemuan dengan pihak PLN Wilyah NTB guna membahas tindak lanjut rencana PLN membangun PLTGU Lombok Peaker dengan kapasitas 150 mega watt (MW).
    PLTGU Lombok Peaker ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan daya listrik yang terjadi di daerah ini ketika beban puncak yakni pada waktu malam hari.
    “Dengan demikian berbagai permasalahan listrik yang selama ini sering terjadi pemadaman bergilir bisa teratasi,” katanya.
    Dikatakannya, listrik menjadi salah satu kebutuhan dasar yang harus terpenuhi, apalagi sebagai kota pusat jasa dan perdagangan.
    Karena itu, listrik menjadi faktor utama yang dapat mendukung pertumbuhan investasi di Kota Mataram, tanpa listrik investor tidak akan mau berinvestasi di kota ini.
    “Investasi apapun tidak akan bisa berjalan mulus jika listrik tidak tercukupi,” katanya.
    Terkait dengan itu, katanya, tahun ini pemerintah kota akan berusaha semaksimal mungkin untuk menuntaskan revisi perda tata ruang dan lahan kompensasi RTH, agar PLN bisa segera melaksanakan berbagai tahapan pembangunan PLTGU.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com