• Pemkot Mataram Akan Canangkan Gerakan Panutan PBB

    0

         Mataram, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dalam waktu dekat akan mencanangkan gerakan panutan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) sebagai upaya intensifikasi pembayaran PBB terutama dari kalangan pegawai negeri sipil.
    Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Jumat, mengatakan program ini menyasar para pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Mataram agar aktif membayar PBB setelah menerima surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT).
    “Gerakan Panutan ini pada prinsipnya mendorong PNS membayar PBB agar menjadi panutan bagi wajib pajak lainnya,” kata dia.
    Berdasarkan data dari Dinas Pendapatan (Dipenda) Kota Mataram menyebutkan, dengan jumlah PNS lebih dari 6.000 orang, Dipenda memprediksi PBB yang akan masuk sekitar Rp1,2 miliar.
    Namun demikian, Dipenda tidak semata-mata melihat nominal pajak yang akan didapatkan dari PNS melainkan lebih kepada dampak dari gerakan yang dilakukan PNS di tengah masyarakat.

         “Selain bisa membayar PBB lebih awal, PNS diharapkan juga bisa menyampaikan informasi atau mengajak saudara dan tetangga untuk membayar PBB sebelum jatuh tempo,” katanya menejelaskan.
    Dikatakan, untuk melaksanakan program gerakan panutan ini, semua pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diminta mendata pegawainya yang memiliki aset di Kota Mataram termasuk para guru.
    Setelah didata, para pegawai diminta untuk mengumpulkan pembayaran PBB, untuk diserahkan secara kolektif yang nantinya petugas Dipenda akan mengambil pembayaran PBB secara berkala.
    “Jadi Dipenda akan menurunkan petugas untuk jemput bola guna mendekatkan pelayanan kepada wajib pajak,” ujarnya.
    Menurut dia, dengan adanya kenaikan target PBB tahun ini yakni dari Rp19 miliar menjadi Rp22 miliar, Dipenda memang harus kreatif untuk menggali potensi-potensi pendapatan daerah.
    “Meski demikian, pemerintah kota belum membicaraka sanksi bagi PNS yang tidak membayar pajak, gerakan ini masih bersifat persuasif,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com