• Pemkab Musi Banyuasin Perbaiki Sistem Pelayanan KTP

    0

        Musi Banyuasin, Sumsel, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya memperbaiki sistem pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk guna memberikan kemudahan kepada masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan itu.
    Untuk memperbaiki sistem pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), akan dioptimalkan pemanfaatan sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) yang terdapat di setiap kecamatan, kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Rabu.
    Dia menjelaskan, sekarang ini pihaknya telah membangun jaringan SIAK secara “online” di 14 kecamatan dengan sistem “wireless”.

        Dengan jaringan SIAK tersebut diharapkan petugas di kecamatan dapat bekerja secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan membuat KTP.
    Dengan didukung jaringan yang terhubung secara “online” di seluruh kecamatan dalam kabupaten ini, selain dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat juga dapat menghemat biaya operasional, serta bisa mempercepat proses pengiriman data kependudukan, katanya.
    Menurut dia, SIAK merupakan sistem yang memiliki standar aplikasi yang digunakan untuk menampung data Kartu Keluarga (KK) dan biodata penduduk Warga Negara Indonesia (WNI) atau asing (WNA), serta merupakan salah satu cara untuk menyiasati agar konektifitas sistem tetap terjaga.

        Selain itu SIAK memiliki legalitas sebagai satu-satunya aplikasi yang boleh memproduk Dokumen Kependudukan dan Dokumen Pencatatan Sipil, ujar dia.
    Selama ini, pengiriman data KTP dari pihak kecamatan sering terkendala lantaran jaringan kurang baik yang dapat mengakibatkan terlambatnya data masuk ke data induk yang dibutuhkan untuk mendukung proses pencetakan KTP.
    Petugas kecamatan selama ini terkendala jaringan untuk memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukannya, dengan adanya SIAK dengan sistem “wireless” diharapkan pelayanan pembuatan KTP di Bumi Serasan Sekate ini bisa lebih baik lagi, ujar Beni.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com