• PEMKAB Dharmasraya Catat Sebanyak 115 Koperasi Aktif

    0

    Pulau Punjung, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat, mencatat sebanyak 115 koperasi yang masih aktif di daerah itu, dibuktikan dengan menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) rutin setiap tahun.
    “Dari 203 koperasi di daerah itu, sebanyak 115 masih aktif melaksanakan tugas sebagaimana layaknya suatu koperasi. Sedangkan sisanya dapat dikatakan tidak aktif karena berbagai hal,” kata Kepala Dinas Koperindag dan UMKM Dharmasraya, Khairudin melalui Kepala Bidang Koperasi, Wismar di Pulau Punjung, Kamis.
    Menurut dia, pemerintah setempat akan terus melakukan upaya pembinaan untuk koperasi yang sudah tidak aktif agar dapat aktif kembali.
    Sebab bagaimanapun koperasi dapat memberikan kontribusi positif dalam menjalankan perannya sebagai penunjang perekonomian masyarakat, lanjutnya.
    “Kami terus berupaya memberi pendampingan bagi koperasi yang mendapat kendala serta permasalahan. Alangkah baiknya anggota koperasi kembali duduk bersama untuk mencarikan solusi terbaik,” harapnya.
    Dia menyebutkan, pemerintah setempat tidak dapat membubarkan koperasi yang sudah tidak aktif, akan tetapi tetap melakukan upaya pembinaan.
    Kerena di dalam Undang-Undang (UU) No 25 Tahun 1992 tentang Koperasi tidak jelaskan adanya sanksi pembubaran untuk koperasi yang sudah tidak aktif, terangnya.
    “Kalau dalam UU No 12 Tahun 2013 ada aturan kalau koperasi dua tahun berturut-turut tidak RAT dapat dibubarkan, akan tetapi aturan itu sudah tidak dipakai lagi,” jelasnya.
    Dari 115 koperasi yang aktif tersebut bergerak di berbagai bidang, seperti simpan pinjam, koperasi pegawai negeri, koperasi pertanian, tambah dia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com