• PEMKAB Dharmasraya Butuh Tambahan Tenaga Penyuluh Koperasi

    0

    Pulau Punjung, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat, membutuhkan tambahan tenaga penyuluh untuk memaksimal pembinaaan koperasi yang ada di daerah itu.
    “Kami hanya memiliki empat anggota penyuluh, sedangkan koperasi di daerah ini mencapai 203 unit. Ini tidak sebanding,” kata Kepala Dinas Koperindag dan UMKM Dharmasraya, Khairudin melalui Kepala Bidang Koperasi, Wismar di Pulau Punjung, Kamis.
    Menurut dia, idealnya di setiap satu kecamatan harus ada satu tenaga penyuluh koperasi, sebab pembinaan koperasi harus dilakukan setiap satu kali dalam tiga bulan
    Jika anggota saat ini hanya empat orang, lanjutnya, pihaknya merasa sulit untuk menerapkan pembinaan satu kali dalam tiga bulan.
    “Kami harap pemerintah pusat melalui provinsi dapat menyikapi hal ini dengan solusi terbaik. Sebab kalau merekrut anggota anggaran daerah terbatas untuk itu,” harapnya.
    Data instansi terkait dari 203 unit koperasi yang ada di daerah itu 115 unit di antaranya masih aktif melaksanakan tugas koperasi sebagai mana mestinya, tambah dia.
    Ini dapat dilihat dari 115 koperasi ini rutin menjalan Rapat Anggota Tahunan (RAT), sedangkan yang lainnya dapat dikatakan tidak aktif kerana tidak melakukan RAT.
    Dia menyebutkan, pemerintah setempat tidak dapat membubarkan koperasi yang sudah tidak aktif, akan tetapi tetap melakukan upaya pembinaan.
    Kerena di dalam Undang-undang No 25 Tahun 1992 tentang Koperasi tidak dijelaskan adanya sanksi pembubaran untuk koperasi yang sudah tidak aktif, jelasnya.
    “Kalau UU No 12 Tahun 2013 ada aturan kalau koperasi dua tahun berturut-turut tidak melakukan RAT dapat dibubarkan, akan tetapi aturan itu sudah tidak dipakai lagi,” lanjutnya.
    Menurut dia, pemerintah setempat akan terus berupayan untuk mengaktifkan kembalai koperasi yang sudah tidak aktif tersubut.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com