• Pemerintah Bangka Bagikan 27.500 Batang Bibit Kakao

    0

         Sungailiat, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui dinas terkait akan membagikan sebanyak 27.500 bibit kakao atau coklat kepada petani di daerah itu.
    “Akhir tahun 2016, kami akan segera membagikan bantuan bibit kakao sebanyak 27.500 batang kepada petani guna memenuhi kebutuhan pasokan masyarakat,” kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bangka, Suhodo di Sungailiat, Kamis.
    Ia mengatakan, dibagikan bantuan bibit jenis ini pada akhir tahun karena dianggap saat itu musin yang tepat untuk dilakukan penanaman oleh petani.
    “Kami sengaja membagikan bibit kakao kepada petani pada akhir tahun, karena saat itu waktu yang tepat dilakukan penanaman kakao,” ujarnya.

         Menurutnya, dengan ditanamnya ribuan kakao oleh petani diharapkan kedepannya kebutuhan coklat pada ditingkat masyarakat lokal dapat dipenuhi dan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan petani.
    “Saya ingatkan kepada petani yang nantinya mendapat bantuan bibit kakao, hendaknya diperlihara dengan maksimal agar mendapatkan hasil panen sesuai yang diinginkan, dan segera berkoordinasi dengan petugas penyuluh lapangan jika menghadapi suatu persoalan penanaman,” katanya.
    Sementara Kepala Badan Ketahan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Bangka, Thony Marza menyatakan dukungannya pembagian bibit kakao oleh dinas terkait kepada petani untuk mendukung program penggalakan penanaman tanaman coklat sebagai alternatif unggulan selain karet, lada dan kelapa sawit.
    “Kami mendukung sepenuhnya program itu termasuk menyediakan sumber daya manusia tenaga penyuluh yang selalu siap memberikan bantuan teknis di lapangan kepada petani yang membutuhkannya,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com