• NTT Galakkan Tanam Kedele

    0

         Kupang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pekan ini meluncurkan gerakan tanam kedele pada semua areal persawahan yang sudah melakukan panen.
    “Pekan ini kita meluncurkan gerakan tanam kedele. Tahapan pertama untuk 600 hektare di Reo, Kabupaten Manggarai bagian utara,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohanis Tay Ruba kepada Antara di Kupang, Sabtu.
    Dia mengemukakan hal itu menjawab pertanyaan seputar upaya pemerintah memanfaatkan sisa air pada Musim Tanam 2015/2016, terutama pada daerah-daerah yang sudah selesai panen.
    Pemanfaatan sisa air ini penting dilakukan mengingat pada Musim Tanam 2015/2016 ini, sebagian tanaman pertanian mati kekeringan akibat kemarau berkepanjangan, dan berdampak pada tingkat produksi.

         Menurut dia, saat ini pemerintah sedang menyiapkan penanaman 300 hektare kedele lagi di Pota, Manggarai Timur.
    Sementara daerah persawahan lainnya akan menyusul setelah panen, yang diperkirakan akan selesai pada Juni mendatang.
    Khusus daerah dengan sisa air yang minim, para petani dianjurkan untuk mengembangkan hortikultura semusim seperti sayur-sayuran, tomat, bawang dan kacang-kacangan.
    Selain itu, bisa juga ditanami jagung berumur pendek untuk menambah stok pangan rumah tangga, katanya.
    Artinya, pemerintah akan memanfaatkan sisa air secara optimal pada MT ini, untuk menanam tanaman yang bermanfaat bagi petani.
    Pemerintah, kata dia, tetap memberikan dukungan dengan menyediakan bibit.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com