• MPR Kritisi Minimnya Fasilitas RS Di Perbatasan

    0

    Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, jurnalsumatra.com – Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang mengkritisi minimnya fasilitas di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia, karena masyarakat berhak mendapatkan pelayanan yang layak.
    “Dekat wilayah ini kan Malaysia sehingga kalau tidak ada yang mengobati masyarakat Kapuas Hulu maka mereka akan berobat ke negara tetangga sehingga uang terserap ke Malaysia,” ujarnya.
    Hal itu dikatakannya saat melakukan kunjungan kerja ke RSUD dr Achmad Diponegoro, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis.
    Dia mengatakan, Kabupaten Kapuas Hulu dengan jumlah penduduk lebih dari 200 ribu jiwa, rumah sakitnya harus bertipe B dan fasilitasnya harus lebih memadai.
    Menurut dia, RSUD Achmad Diponegoro saat ini masih tipe C dan kekurangan dokter khususnya bedah dan minim perawat.
    “Saya akan sampaikan ke Menteri Kesehatan, yang pertama membangun faslitas rumah sakit yang lebih memadai,” ucapnya.
    Menurut dia, apabila pemerintah tidak segera turun tangan, maka pasien-pasien akan lebih memilih datang ke rumah sakit yang lebih punya fasilitas, seperti di daerah perbatasan Serawak, Malaysia.
    OSO meminta pemerintah daerah dan pemerintah memikirkan fasilitas kesehatan di wilayah tersebut dan harus segera merealisasikan perbaikan fasilitas.
    “Ini kan Serawak dekat, nanti kalau pikiran kita gak bangun ini dan orang-orang ini akan lari ke rumah sakit perbatasan, jadi mesti di dorong pemeritah daerah maupun pusat harus memikirkan ini,” imbuhnya.
    Dia juga kecewa karena berdasarkan informasi yang diperolehnya dari Plt. Kepala RSUD dr Achmad Dipenogoro, Dewi Widyasari bahwa di RS tersebut tidak memiliki dokter ahli bedah.
    Hal itu menurut dia, apabila ada masyarakat Kapuas Hulu sakit dan butuh bedah maka harus bertolak ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat yang jarak tempuhnya memakan waktu 6-7 jam.
    “Wah gak bener ini, jadi jangan dokter-dokter setelah ahli itu jadi gak mau bertugas di sini,” ujarnya.
    Dalam kunjungannya tersebut, OSO didampingi Bupati Kapuas Hulu A.M Nasir dan Plt. Kepala RSUD dr Achmad Dipenogoro, Dewi Widyasari.  (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com