• Meraup untung puluhan juta dari budidaya bonsai anting putri

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Seorang warga Palembang, Effendi sejak puluhan tahun lalu menekuni budidaya bonsai anting putri, dan dengan usaha itu juga meraup keuntungan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

    “Saya sudah menekuni usaha budidaya bonsai jenis anting putri ini, karena peminatnya cukup banyak sehingga tidak sulit memasarkannya,” kata Effendi di Palembang, Rabu.

    Menurut dia, bagi pencinta bonsai mungkin tidak asing dengan bonsai jenis anting putri ini dan sangat disukai, karena bentuk batang yang unik serta warnanya sangat khas.

    Ia mengaku, dari hasil budidaya inilah mampu meraup keuntungan puluhan juta rupiah setiap bulannya dan ternyata menjadi penopang ekonomi keluarga.

    Sekilas ia menjelaskan, batangnya yang kokoh serta warna daun mencolok hijau kekuningan menjadi ciri khas bonsai anting putri atau dengan nama latin Wrightia Religiosa asal negeri Tirai Bambu ini dapat tumbuh setinggi empat meter dan kini menjadi salah satu primadona bonsai di tanah air.

    Menurut pria berusia 50 tahun asal Palembang ini, menekuni usaha tanaman hias tersebut dengan cara membudidayakannya sejak puluhan tahun terakhir, dan ternyata sangat menyenangkan.

    Pada lahan seluas 400 meter persegi dijadikan tempat berbagai observasi penanaman, mulai dari tahap pembibitan, perkawinan silang atau okulasi dan pemupukan hingga pemangkasan daun untuk menghasilkan bonsai anting putri yang prima siap dijual di pasaran, katanya.

    Menurut dia, dalam proses pembibitan harus menunggu selama lebih kurang dua bulan, dimana selalu menjaga kadar air kelembaban dan suhu selama proses perkawinan silang.

    Sementara, menurut Setia Debi, salah seorang pencinta bonsai menyatakan mau melihat-lihat dulu mencari bonsai dan baru tahu bonsai anting putri ini sangat menarik, selain bentuknya yang bagus warnanya pun sangat khas.

    Ia menilai, bonsai anting putri sangat cocok dijadikan penghias pekarangan rumah.

    Bonsai yang sudah jadi dijual mulai harga Rp700 ribu hingga Rp3 juta untuk ukuran sedang, sementara bonsai setinggi empat meter bisa mencapai Rp15 juta.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com