• Media massa bantu naikkan indeks integritas Ujian Nasional Sumsel

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Media massa turut berperan dalam menaikkan Indeks Integritas Ujian Nasional di Sumatera Selatan yang berdasarkan hasil penilaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menempatkan sebagai peringkat satu secara nasional.

    Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo di Palembang, Senin, mengatakan, lantaran media massa dilibatkan secara aktif oleh Diknas membuat guru dan siswa semakin percaya diri untuk menggelar UN secara berintegritas atau tidak mengejar nilai semata.

    “Sejak awal saya transfaran, saya terbuka ke media mengenai pelaksanaan UN. Sepertinya, caranya ini cukup efektif karena para guru dan siswa menjadi percaya pada sistem, semakin percaya diri, dan menghindari perbuatan curang,” kata Widodo.

    Peran media massa diakui Widodo sangat membantu pemerintah untuk mengajak para siswa dan guru mengedepankan integritas dibandingkan nilai.

    “Sejatinya integritas itu lebih bernilai dibandingkan nilai itu sendiri. Jika semua sudah memahami ini, maka justru bertindak tidak jujur dianggap sebagai suatu perbuatan yang harus dihindari,” ujar dia.

    Sumsel masuk 10 besar provinsi yang meraih peringkat Indeks Integritas UN pada 2016.

    Sumsel berada pada urutan pertama dengan poin 12,36, disusul Sulawesi Selatan pada urutan kedua dengan 10,47, dan Aceh pada urutan ketiga dengan 10,20.

    Menurut Widodo, penilaian sepenuhnya berada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tanpa melibatkan pihak daerah.

    “Saya tidak tahu apa parameter dan indikatornya, tapi yang jelas ini tidak ada campur tangan daerah. Bagi Sumsel ini suatu capaian yang harus disyukuri karena sekolah tidak lagi mengejar semata-mata nilai tapi juga integritas dari siswanya,” kata dia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com