• Masyarakat Kaltim Diharapkan Waspadai Penyebaran Paham Komunis

    0

         Samarinda, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersama aparat kepolisian, TNI, tokoh agama, dan seluruh elemen masyarakat diharapkan bersatu dan mewaspadai kemungkinan munculnya kembali penyebaran paham komunis di daerah setempat.
    Anggota Komisi I DPRD Kaltim Safuad di Samarinda, Senin, mengemukakan peringatan itu dilatarbelakangi beredarnya informasi  adanya gerakan untuk menghidupkan kembali paham komunis ke sejumlah daerah di Tanah Air.

         “Kalau sebuah paham sudah bertentangan dengan dasar negara berarti sesuatu yang berbahaya dan harus dicegah, karena dapat mengancam kedaulatan NKRI,” katanya.
    Menurut Safuad, diperlukan kesigapan pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada kalangan anak muda mengenai apa dan bagaimana komunis itu dapat membahayakan kesatuan dan persatuan negara.

         Apalagi, sebagian besar dari mereka yang mengagumi ideologi komunis dari kalangan generasi muda yang masih labil dan belum memahami betul bagaimana dampaknya.
    “Hal itu terlihat dengan pemakaian atribut PKI, seperti baju dan pin bergambar palu arit oleh kalangan kaum muda beberapa waktu lalu,” ujar Safuad.
    “Pemerintah daerah harus sigap dan segera koordinasi dengan TNI maupun kepolisian serta berbagai lembaga masyarakat untuk mencegah hal ini terjadi di Kaltim,” tambah politisi PDI Perjuangan itu.

         Hal penting lainnya, lanjut Safuad, adalah memasukkan kembali kurikulum pelajaran di sekolah tentang bahaya paham komunis dan menjaga serta mempertahankan keberadaan Pancasila dan UUD 45.
    “Pada era modern seperti sekarang memang sangat mudah  penyebaran satu paham tertentu melalui berbagai media sosial. Kita berharap dampak buruk seperti ini ada proteksi khususnya untuk usia anak sekolah, caranya tentu melalui kurikulum pendidikan yang tepat,” ucapnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com