• Lima hektar lahan gambut di Jambi terbakar

    0

    Jambi, jurnalsumatra.com – Seluas lima hektare lahan gambut di Desa Muntialo, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, terbakar diduga akibat ulah manusia.

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi setempat, Arif Munandar di Jambi, Senin, mengatakan kebakaran lahan gambut itu terjadi Minggu (15/5) siang kemarin. Beruntung api berhasil dipadamkan.

    “Kejadian siang kemarin, Tim Satgas Karhutla Tanjung Jabung Barat langsung ke lapangan memadamkan kebakaran. Api baru bisa dipadamkan pada sore harinya dibantu guyuran hujan,” kata Arif.

    Arif mengatakan, Tim Satgas Karhutla Tanjung Jabung Barat itu terdiri dari Satgas BPBK, Dishut, TNI dan Polri serta perusahaan. Lengkap dengan mobilitas dan peralatan pemadaman.

    Lahan yang terbakar itu katanya merupakan lahan kosong milik warga, namun ketika Satgas mencari tau pemilik lahan, tidak satu pun masyarakat yang mengaku.

    “Kita tanya itu lahan siapa, masyarakat tidak ada yang mau ngaku. Memang belum ada tanaman tapi itu gambut,” kata Arif menjelaskan.

    Pihak Kepolisian kata Arif masih menyelidiki penyebab kebakaran, namun kuat dugaan kebakaran akibat ulah manusia mengingat saat ini masih musim penghujan.

    “Sekarang masih dilidik Polres Tanjung Jabung Barat, dibakar atau terbakar kita belum tau. Namun dugaan sementara karena ini musim hujan, kebakaran akibat ulah manusia. Ini tetap ditindaklanjuti,” kata Arif.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com