• Legislator Imbau Pertamina Dirikan SPBU Khusus Nelayan

    0

    Kendari, jurnalsumatra.com – Anggota DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan,  Sulawesi Tenggara, Heryanto mengimbau Pertamina agar mendirikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) khusus  melayani nelayan di kabupaten itu.
    “Sebagai wakil rakyat, kami mengimbau pihak Pertamina agar mendirikan SPBU khusus nelayan di Konawe Kepulauan, sehingga para nelayan di kabupaten ini tidak kesulitan memperoleh BBM saat melaut,” katanya di Kendari, Senin.
    Menurut dia, belum tersedianya SPBU khusus nelayan di kabupaten itu, terutama di wilayah Wawonii Timur dan Wawonii Tenggara, menyebabkan para nelayan di wilayah tersebut tidak maksimal melaut menangkap ikan.
    Masalahnya kata dia, para nelayan kerap kali tidak memiliki stok BBM jenis solar dan minyak untuk melaut menangkap ikan.
    “Kalau pun mendapat BBM melalui penjual eceran, para nelayan harus membelinya dengan harga yang sangat mahal, berkisar antara Rp10.000 hingga Rp12.000 per liter,” katanya.
    Ia mengatakan, harga BBM solar itu yang sangat malah tersebut, berdampak pada pendapatan para nelayan sangat rendah sehingga untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari cukup sulit.
    Menurut dia, potensi perikanan tangkap di wilayah perairan laut Konawe Kepulauan cukup besar yakni bisa mencapai 250.000 ton per tahun.
    Namun ujarnya dari potensi tersebut yang bisa dimanfaatkan oleh para nelayan lokal, baru sekitar 15-20 persen per tahun.
    “Kami berharap pemerintah pusat melalui Pertamina bisa mendirikan SPBU khusus nelayan di Konawe Kepulauan, khususnya di wilayah Wawonii Timur dan Wawonii Tenggara, sehingga para nelayan di wilayah tersebut bisa mendapatkan BBM dengan mudah dan murah,” katanya.  (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com