• KPU Madiun Usulkan Dana Pilkada Rp14,4 Miliar

    0

    Madiun, jurnalsumatra.com – KPU Kota Madiun mengusulkan dana atau anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali (Pilwali) Kota Madiun tahun 2018 ke pemkot setempat sebesar Rp14,4 miliar.

    Ketua KPU Kota Madiun Sasongko, Sabtu, mengatakan, dana yang diusulkan tersebut naik signifikan jika dibandingkan dengan Pilwali Kota Madiun pada periode sebelumnya yang hanya sekitar Rp8 miliar.

    “Anggaran yang diusulkan naik karena pada Pilwali tahun 2018 ada beberapa item yang ditanggung oleh pemerintah. Itu berbeda dengan Pilwali sebelumnya,” ujar Sasongko kepada wartawan.

    Menurut dia, beberapa item yang ditanggung pemerintah tersebut di antaranya adalah pengadaan alat peraga kampanye (APK) yang diprediksi anggarannya mencapai Rp2 miliar.

    “Pada pilkada serentak nanti, seluruh APK akan dibiayai oleh negara. Hal itu yang membedakan dengan sistem pilkada yang sebelumnya,” kata dia.

    Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa usulan anggaran sebesar Rp14,4 miliar tersebut masih belum pasti. Karena masih menunggu persetujuan dari eksekutif dan legislatif Pemkot Madiun.

    Pihaknya juga telah melaporkan hasil usulan anggaran tersebut ke anggota DPRD Kota Madiun melalui rapat dengar pendapat yang berlangsung baru-baru ini.

    Adapun, dana sebesar Rp14,4 miliar tersebut akan digunakan untuk keseluruhan tahapan Pilwali Kota Madiun tahun 2018.

    Mulai dari tahap persiapan, pembentukan panitia penyelenggara, pencalonan, penetapan calon, kampanye, operasional perkantoran, hingga honorarium penyelenggara pemilihan hingga tingkat bawah.

    Disinggung soal bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan maju, pihaknya mengaku masih belum terlihat. Sebab, masing-masing internal partai politik masih mempersiapkan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com