• Kolaka Timur Miliki Potensi Tambang Batu Bara

    0

             Kendari, jurnalsumatra.com – Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, yang merupkan daerah otonomi baru sejak 2013 ternyata menyimpan sumber daya alam yang tidak kalah dengan daerah lain  khususnya tambang batu bara.
    “Untuk memastikan salah satu mineral bumi yang paling dicari ini muncul di Desa Tawanga Kecamatan Uluiwoi, Kolaka Timur,” kata Sekertaris Daerah Kolaka Timur Muhammad Iqbal Tongasa, di kendari, Sabtu.
    Menurut Iqbal, Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah bersama sejumlah pejabat lingkup Pemkab Koltim sejak beberapa hari lalu telah melakukan survei dan meninjau langsung ke lokasi tersebut untuk memastikan benar tidaknya kekayaan sumber daya alam itu berada.

             Di lokasi penemuan tambang batu bara ini, bupati Kolaka timur Tony Herbiansyah, Kata Iqbal, menyampaikan  akan berusaha sebaik mungkin, agar kekayaan alam ini dapat dikelola dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Koltim, khususnya masyarakat sekitar tambang.
    “Kita ingin, kekayaan alam yang ada didaerah kita ini, dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan seluruh masyarakat,” ujar Tony yang baru saja dilantik 25 Maret 2016 menjadi bupati defenitif paca daerah itu menjadi daerah otonomi baru (DOB) 2013 lalu.

             Salah seorang warga Tawanga yang juga pemilik kebun tempat penemuan tambang batu bara ini, Hamrin, sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh bupati yang rela berjalan kaki ke lokasi tersebut hanya demi memastikan keberadaan tambang ini.
    “Kami warga disini, sangat yakin bapak bupati rela jauh-jauh kemari melihat tambang ini, karena beliau ingin kami bisa lebih maju dan sejahtera dengan kehadiran tambang ini kalau nantinya sudah diolah,” ujarnya.
    Menurut pengakuan warga, sampel tambang batu bara itu sudah beberapa kali diteliti Universitas Halu Oleo Kendari Sulawesi Tenggara, dan diharapkan setelah ada pengakuan dari pihak akademisi untuk proses pengolahan selanjutnya.
    Tanpa menyebut luas area tambang batu bara yang ada di kawasan kebun warga, namun menurut dia potensinya cukup luasa.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com