• Klungkung Kirim KADER Kesehatan Puskesmas Ke Provinsi

    0

    Klungkung, jurnalsumatra.com- Pemerintah Kabupaten Klungkung mengirimkan kader kesehatan Puskesmas teladan dalam acara penilaian pada tingkat provinsi, agar selaras dengan program Gema Santi yakni Kring Sehat (KRIS).
    Kepala Dinas Kesehatan Klungkung Ni Made Adi Swapatni, Kamis menyatakan, keberhasilan pelayanan kesehatan melalui Puskesmas sebagai strata pelayanan pertama, memberikan konstribusi yang cukup besar dalam mewujudkan Klungkung Unggul dan Sejahtera.
    “Kabupaten Klungkung dalam penilaian tenaga kesehatan teladan di Puskesmas tingkat Provinsi Bali tahun 2016, diwakili oleh empat kader,” ujar Made Adi Swapatni.
    Mereka terdiri atas I Ketut Suparni dalam kategori medis, dengan inovasi pelayanan komprehensif obesitas untuk kelompok umur di atas 15 tahun (gizi, prolanis). Kedua, Dewa Ayu Wahyuli Indrayani,  pada kategori paramedis dengan inovasi Gerakan Pecalang Sayang Ibu dan Bayi.
    Ketiga, Sunjas Murwati kategori kesehatan masyarakat dengan inovasi mobile ves (program peningkatan jangkauan pelayanan rapid test pada ibu hamil beresiko tinggi).
    Dan keempat ialah Desak Putu Sri Lestari pada kategori tenaga gizi yang memiliki inovasi, yakni penanganan kasus ibu hamil di Klungkung terintegrasi dengan program KIA, melalui kegiatan Ibu hamil dan peran serta masyarakat.
    Ketua Tim Penilai Tenaga Kesehatan Puskesmas Provinsi Bali  Made Laksmiwati mengatakan, seyogyanya para tenaga medis yang berada di Klungkung Daratan apabila dimutasikan ke Nusa Penida guna memajukan kesehatan serta melengkapi pelayanan kesehatan di daerah Nusa Penida melalui RS Pratama, agar bersabar dan dapat menerima terlebih dahulu. Sampai saatnya nanti, akan ada tenaga medis yang handal di lapangan yang memang akan ditempatkan di Nusa Penida.
    “Para peserta yang menjadi duta kabupaten agar bisa menjadi ikon Kabupaten Klungkung, yang nantinya dapat memberikan kontribusi pelayanan kesehatan kepada masyarakat pada umumnya,” ujarnya.
    Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyebutkan, kegiatan pengiriman kader kesehatan ini, diharapkan dapat menjadi salah satu motivasi untuk meningkatkan minat tenaga kesehatan di Puskesmas. Tujuannya agar dapat menjadi pendorong terciptanya tenaga kesehatan yang mempunyai sikap nasionalis, etis dan profesional.
    “Selain itu, diharapkan nanti tenaga kesehatan memiliki semangat pengabdian yang tinggi, berdisiplin, kreatif, terampil, berbudi luhur, serta dapat memegang teguh etika profesi yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan,strata pertama kepada masyarakat Klungkung yang Unggul dan Sejahtera,” ujar Bupati Suwirta.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com