• Kesbangpol Sultra Akan Polisikan LSM-Lepham

    0

        Kendari, jurnalsumatra.com -  Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Tenggara Yusuf Mundu akan melaporkan Direktur LSM-LEPHAM Sultra Arif Risuku ke pihak Kepolisian karena dirinya telah melakukan penggelapan dana terhadap sejumlah LSM.
    “Saya tidak tahu, data dan informasi dari mana diperoleh Direktur LEPHAM Sultra, terkait penggelapan dana LSM, makanya dalam waktu singkat ini yang bersangkutan akan saya laporkan ke pihak kepolisian setempat,” ujar Yusuf Mundu di Kendari, Selasa.
    Sebelumnya Direktur LSM-LEPHAM Sultra Arif Risuku merilis disebuah media lokal di Kendari pada 23/5 yang mendesak kepada DPRD Sultra untuk memanggil Kepala Kesbangpol terkait adanya indikasi penggelapan dana terhadap sejumlah Ormas oleh Kesbangpol Sultra.
    Dalam laporan LSM LEPHAM itu mengatakan secara nasional bahwa setiap lembaga atau ormas yang berbadan hukum harus mendapatkan dana pemberdayaan setiap tahun atau per semesternya.

        “Berangkat dari inilah sehingga pihaknya menuntut untuk segera dilaksanakan hearing oleh kepala Kesbangpol guna mendapatkan keterangan secara transpran dan angkutabel terkait hal tersebut,” ujar Arif, yang ditulis dalam media itu.
    Bertitik tolak dari itu, kata Kepala Kesbangpol Sultra, Direktur LSM LEPHAM Sultra dianggap telah menuding dirinya terkait, kebenaran apa benar ada dana yang dikelola di instansi yang tidak tersalurkan ke sejumlah LSM.
    Ia mengatakan sejauh ini pihaknya tidak pernah menerima dan mengelola dana untuk bantuan kepada sejumlah LSM, sehingga apa yang dituduhkan oleh sebuah LSM itu maka pembuktiannya adalah harus pihak aparat Hukum dalam hal ini kepolisian.
    “Kalaupun ada dana yang kami kelola untuk Ormas atau LSM, biasanya dalam bentuk hibah, namun prosesnya itu harus bermohon kepada Pemprov dalam hal ini ke gubernur Sultra. Nanti dari disposisi gubernur itu menunjuk ke instansi atau badan yang mengeluarkanya,” ujar mantan Karo Umum Setda Sultra.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com