• KESBANGPOL Banyumas Pantau Kegiatan Organisasi Kemasyarakatan

    0

    Purwokerto, jurnalsumatra.com – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Banyumas, Jawa Tengah, memantau setiap kegiatan  organisasi kemasyarakatan (ormas) guna mengantisipasi gerakan radikal baik kanan maupun kiri.
    “Kami bersama TNI, Polri, dan elemen-elemen yang lain, bersama-sama mengawasi, memonitor gerakan-gerakan yang radikal, baik kanan maupun kiri,” kata Kepala Kesbangpol Setia Rahendra di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.
    Setia mengatakan hal itu kepada wartawan usai menghadiri Deklarasi Gerakan Antikomunis dan Neokomunis di halaman Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banyumas.
    Menurut dia, kegiatan yang digelar di halaman Kantor Kesbangpol Banyumas merupakan salah salah satu upaya untuk membendung gerakan komunisme khususnya di Kabupaten Banyumas.
    Ia mengatakan hingga saat ini, sebanyak 142 ormas telah terdaftar di Kantor Kesbangpol Banyumas.
    “Sesuai dengan Undang-Undang Ormas, bisa saja ormas yang sudah berbadan hukum itu tidak terdaftar di kabupaten, tapi kami memantau dan memonitor gerakan-gerakan mereka,” katanya.
    Ia mengatakan jika gerakan-gerakan ormas itu mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesi atau keamanan dan ketertiban masyarakat, maka Kesbangpol dan aparat lain akan mengambil langkah-langkah tertentu.
    “Dari pemantauan kami bersama teman-teman, kegiatan-kegiatan mereka sebatas kegiatan silaturahim,” katanya.
    Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Gidion Arif Setyawan mengatakan dalam menyikapi isu bangkitnya paham komunis, pihaknya akan melihat dari perspektif penegakan hukum dan kamtibmas.
    “Ini kan sensitif isunya, ada resistensi. Makanya, kalau yang muncul ke permukaan, itu yang kami sikapi secara aspek penegakan hukum maupun preventif kepolisian, tetapi kalau roh pemahamannya terhadap konsep-konsep kenegaraan, seharusnya sudah final, NKRI dan Pancasila itu sudah final,” katanya.
    Ia mengatakan yang perlu dilakukan untuk menjaga keutuhan NKRI dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila adalah melakukan hal-hal yang konstruktif untuk membangun bangsa.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com